Pengembangan model pembelajaran berbasis kompetensi Bidang kelistrikan di sekolah menengah kejuruan

Mangesa, Riana Tangkin and Andayani, Dyah Darma (2015) Pengembangan model pembelajaran berbasis kompetensi Bidang kelistrikan di sekolah menengah kejuruan. Cakrwala Pendidikan, 34 (3). pp. 401-411. ISSN 2442-8620

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi)
2_2015_Julnal Cakrawala Pendidikan ( terakreditasi).pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi)
Jurnal Nasional - Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Bidang Kelistrikan di Sekolah.pdf - Published Version

Download (845kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi)
Jurnal Nasional - Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Bidang Kelistrikan di Sekolah.pdf - Published Version

Download (845kB)
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/vie...

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengembangkan model pembelajaran dan perangkat pembelajaran berbasis kompetensi terintegrasi pendidikan karakter di SMK. Penelitian ini termasuk jenis Research & Development yang mengacu tahapan Borg dan Gall (1983), yaitu yang terdiri atas analisis kebutuhan, perancangan pengembangan, validasi ahli dan revisi, uji coba, dan tahap implementasi. Data berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh lewat angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik nonparametrik, yaitu Kruskall Wallis yang penghitungannya memakai SPSS. Hasil penelitian berupa produk pengembangan perangkat pembelajaran bidang kelistrikan yang berupa modul, media, dan penilaian pencapaian kompetensi (rubrik penyekoran). Hasil pengembangan memenuhi tuntutan validitas, pencapaian kompetensi dalam proses pembelajaran yang dipergunakan secara keseluruhan tinggi, guru memberi skor penilaian melalui pencapai kompetensi sesuai kriteria dalam rubrik penyekoran terhadap ketiga aspek kompetensi, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penilaian keefektifan pembelajaran secara menyeluruh menunjukkan bahwa siswa dan guru memberikan tanggapan secara aktif dan mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengembangan model penilaian, pembelajaran berbasis kompetensi, rubrik penyekoran, SMK
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 06 Apr 2022 08:36
Last Modified: 22 Apr 2022 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22809

Actions (login required)

View Item View Item