KEMAMPUAN SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 8 BULUKUMBA DALAM BERKARYA MONO PRINT CARBON

Sulfidar, Erwin (2021) KEMAMPUAN SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 8 BULUKUMBA DALAM BERKARYA MONO PRINT CARBON. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL ERWIN SULFIDAR 1681041007 - Erwin Sulfidar.pdf

Download (587kB)

Abstract

Erwin Sulfidar 2021, Kemampuan Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Bulukumba dalam Berkarya Mono Print Carbon. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Maksassar. Penelitian ini merupakan menelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan; 1.) mengetahui bagaimana kemampuan siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Bulukumba dalam berkarya mono print carbon. 2.) Untuk mengetahui Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dialami siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Bulukumba dalam berkarya mono print carbon. Berdasarkan rumusan masalah yaitu, 1.) Bagaimana kemampuan Siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Bulukumba dalam berkarya Mono Print Carbon, 2.) Apakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat yang dialami siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Bulukumba dalam berkarya mono print carbon. Sampel dalam penelitian ini penelitian kelas XI IPS 2 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, wawancara, tes praktik, dan dokumentasi. Hasil penilitian bagaimana kemampuan siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Bulukumba dalam Berkarya mono print carbon, yaitu, tidak ada siswa yang dapat nilai kurang atau perlu bimbingan, 1 siswa yang mendapat nilai dengan kategori sangat baik, sebanyak 14 siswa mendapat nilai kategori baik, dan 16 siswa mendapat nilai kategori cukup. Sehingga dari keseluruhan siswa kelas XI mencapai nilai standar KKM sekolah. Kesimpulan dari penilaian kemampuan siswa dapat dikatakan cukup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adapun faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi siswa berkarya mono print carbon yaitu pada faktor pendukung yaitu guru yang sudah memiliki kompetensi yang baik, sarana dan prasarana sekolah yang cukup memadai, sikap siswa yang positif terhadap pembelajaran seni budaya, dan alat dan bahan yang digunakan dalam berkarya mono print carbon mudah diperoleh. Faktor penghambar yaitu bagian mencetak yang di mana objek sering bergeser dari tempat semula sehingga hasil cetakan tedak berbentuk semula, dan mudahnya kontor kertas yang digunakan dalam mencetak sehingga hasil cetak kurang bersih, dan kurangnya pengetahuan siswa tentang pembelajaran mencetak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:39
Last Modified: 12 Apr 2022 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22807

Actions (login required)

View Item View Item