PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARI SISWA (MATERI TARI DOLEGO) MELALUI PENERAPAN MODEL PAKEM PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XI SMA NEGERI 1 RAHA

IDUL, MUHAMMAD (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARI SISWA (MATERI TARI DOLEGO) MELALUI PENERAPAN MODEL PAKEM PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XI SMA NEGERI 1 RAHA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL MUH IDUL - Muhamad Idul.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana penerapan Tari Dolego untuk meningkatkan keterampilan menari siswa dengan menggunakan model PAKEM pada pembelajaran seni budaya kelas XI SMA Negeri 1 Raha dan bagaimana peningkatan keterampilan siswa dalam menari tari Dolego setelah diterapkan model PAKEM pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raha. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu sasaran dan responden, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga menggunakan metode kuantitatif yaitu mengukur tingkat keterampilan dengan tes unjuk kerja untuk melakukan penelitian dengan menggunakan aspek penilaian yaitu wiraga, wirasa, wirama. Pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dilakukan sebanyak 4 pertemuan sampai dengan siswa menunjukan gerak hafalan dan bentuk gerak dalam menari tari Dolego. Pelaksanaan siklus I masih kurangnya siswa yang mampu menarikan tarian dolego dengan maksimal, sehingga siklus I perlu di perbaiki pada tahapan penelitian siklus II dengan 4 kali pertemuan. Pada pertemuan 1-3 siswa diminta untuk memperagakan tari yang didampingi oleh guru. Kemudian siswa telah mampu menunjukkan sikap yang baik yaitu aktif dan bersungguh�sungguh dalam memperagakan tari Dolego. Nilai rata-rata yang diperoleh mampu meningkat sebesar 20%. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode pakem dapat diterapkan dalam pembelajaran praktek agar tingkat hafalan dan bentuk gerak siswa meningkat. Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raha mampu menerima pembelajaran seni budaya dengan baik namun adanya kurang percaya diri untuk beraktivitas memperagakan gerak terutama kepada siswa laki laki, dan pada tahapan siklus II tingkat keterampilan menari siswa mulai meningkat. Perolehan pada siklus I dengan nilai rata-rata 65,7% dan mengalami peningkatan di siklus II dengan jumblah perolehan nilai rata-rata 78,7%. Penelitian bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana penerapan Tari Dolego untuk meningkatkan keterampilan menari siswa dengan menggunakan model PAKEM pada pembelajaran seni budaya kelas XI SMA Negeri 1 Raha dan bagaimana peningkatan keterampilan siswa dalam menari tari Dolego setelah diterapkan model PAKEM pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raha. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu sasaran dan responden, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga menggunakan metode kuantitatif yaitu mengukur tingkat keterampilan dengan tes unjuk kerja untuk melakukan penelitian dengan menggunakan aspek penilaian yaitu wiraga, wirasa, wirama. Pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dilakukan sebanyak 4 pertemuan sampai dengan siswa menunjukan gerak hafalan dan bentuk gerak dalam menari tari Dolego. Pelaksanaan siklus I masih kurangnya siswa yang mampu menarikan tarian dolego dengan maksimal, sehingga siklus I perlu di perbaiki pada tahapan penelitian siklus II dengan 4 kali pertemuan. Pada pertemuan 1-3 siswa diminta untuk memperagakan tari yang didampingi oleh guru. Kemudian siswa telah mampu menunjukkan sikap yang baik yaitu aktif dan bersungguh�sungguh dalam memperagakan tari Dolego. Nilai rata-rata yang diperoleh mampu meningkat sebesar 20%. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode pakem dapat diterapkan dalam pembelajaran praktek agar tingkat hafalan dan bentuk gerak siswa meningkat. Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raha mampu menerima pembelajaran seni budaya dengan baik namun adanya kurang percaya diri untuk beraktivitas memperagakan gerak terutama kepada siswa laki laki, dan pada tahapan siklus II tingkat keterampilan menari siswa mulai meningkat. Perolehan pada siklus I dengan nilai rata-rata 65,7% dan mengalami peningkatan di siklus II dengan jumblah perolehan nilai rata-rata 78,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:39
Last Modified: 12 Apr 2022 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22800

Actions (login required)

View Item View Item