Hubungan Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA MAN di Kota Makassar

HAKIM, SUFYAN (2016) Hubungan Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA MAN di Kota Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK SUFYAN HAKIM. 2016. Hubungan Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA MAN di Kota Makassar (Dibimbing oleh Syamsul Bachri Thalib dan Firdaus Daud). Hasil belajar Biologi yang diperoleh siswa tergolong rendah dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu faktor internal siswa, di antaranya kesiapan belajar, kemandirian belajar, dan motivasi belajar. Faktor internal tersebut merupakan faktor psikologis siswa yang sangat perlu mendapatkan perhatian oleh guru. Aspek tersebut merupakan hal yang menjadi karakteristik siswa, sehingga siswa satu dengan yang lainnya akan memiliki kondisi berbeda. Karakteristik tersebut berbeda salah satunya karena dipengaruhi oleh kebiasaan siswa di sekolah. Madrasah, yaitu sekolah yang memadukan antara mata pelajaran umum dengan beberapa mata pelajaran agama tentunya akan memiliki karakteristik siswa yang berbeda dengan sekolah pada umumnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui deskripsi kesiapan belajar, kemandirian belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar Biologi; (ii) mengetahui hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar Biologi; (iii) mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar Biologi; (iv) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi; dan (v) mengetahui hubungan kesiapan belajar, kemandirian belajar, dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Biologi siswa Kelas XI IPA MAN di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas XI IPA MAN di Kota Makassar pada Tahun Pelajaran 2015-2016 sejumlah 375 siswa yang tersebar pada MAN 1 Makassar, MAN 2 Model Makassar, dan MAN 3 Makassar. Sampel penelitian sejumlah 161 siswa dengan menggunakan teknik proportional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar, kemadirian belajar, dan motivasi belajar siswa Kelas XI IPA MAN di Kota Makassar berada pada kategori tinggi. Hasil belajar Biologi berada pada kategori sedang. Kesiapan belajar dengan hasil belajar Biologi memiliki koefisien korelasi sebesar 0,704, dan dapat dikatakan memiliki hubungan positif dan kuat secara signifikan. Kemandirian belajar dengan hasil belajar Biologi memiliki koefisien korelasi sebesar 0,442, dan dapat disimpulkan memiliki hubungan positif dan sedang secara signifikan. Motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi memiliki koefisien korelasi sebesar 0,726, dan dapat disimpulkan memiliki hubungan positif dan kuat secara signifikan. Secara bersama-sama, kesiapan belajar, kemandirian belajar, dan motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi memiliki koefisien korelasi sebesar 0,802, dan dapat disimpulkan memiliki hubungan positif dan kuat secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2017 05:08
Last Modified: 27 Mar 2017 05:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item View Item