Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa ( LKS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS di SMP PERGIS Ganra Kabupaten Soppeng.

Nurhasanah, Nurhasanah (2015) Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa ( LKS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS di SMP PERGIS Ganra Kabupaten Soppeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NURHASANAH.docx

Download (78kB)

ABSTRAK NURHASANAH. 2015. Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa ( LKS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS di SMP PERGIS Ganra Kabupaten Soppeng. Skripsi , Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. ( di bimbing oleh Ibu Hasni, S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Dr.Ibrahim, S.Ag.,M.Pd sebagai pembimbing II).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran efektivitas penggunaan LKS dalam mata pelajaran IPS, 2) Gambaran prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dan, 3) Hubungan efektivitas penggunaan LKS dalam mata pelajaran IPS dengan prestasi belajar di SMP PERGIS Ganra Kabupaten Soppeng.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari efektivitas penggunaan LKS ( variabel X) dan prestasi belajar ( variabel Y). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP PERGIS Ganra Kabupaten Soppeng sebanyak 245 siswa serta menjadi sampel sebanyak 40 siswa sebagian dari kelas VIII yaitu kelas VIII.1 dan VIII.2 menggunakan sampel kelas. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gambaran efektivitas penggunaan LKS pada mata pelajaran IPS di SMP PERGIS Ganra Kabupaten Soppeng tergolong dalam kategori “baik” yang meliputi indikator, pertama adanya tahap menyurvei (survey), kedua tahap pemberian pertanyaan (question), ketiga tahap membaca (read), keempat tahap meringkas (recite), dan kelima tahap mengulang (revive). 2) Gambaran prestasi belajar pada mata pelajaran IPS di SMP PERGIS Ganra Kabupaten Soppeng tergolong dalam kategori “baik” ditinjau dari hasil belajar siswa meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dari hasil nilai MID Semester Genap. Selanjutnya, 3) Terdapat hubungan “sedang” antara efektivitas penggunaan LKS dalam mata pelajaran IPS dengan prestasi belajar siswa di SMP PERGIS Ganra Kabupaten Soppeng, dalam hal ini nilai MID semester Genap.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: ?? sch_law ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:02
Last Modified: 25 Apr 2016 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item