REHABILITASI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH YAYASAN KELOMPOK PEDULI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DAN OBAT-OBAT TERLARANG DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN NONFORMAL DI KOTA MAKASSAR

Suriansyah (2022) REHABILITASI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH YAYASAN KELOMPOK PEDULI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DAN OBAT-OBAT TERLARANG DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN NONFORMAL DI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL OK.docx

Download (22kB)
[img] Text
Bagian awal.docx

Download (50kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (685kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (124kB)

Abstract

Suriansyah. 2015. Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkotika Oleh Yayasan Kelompok Peduli Penyalahgunaan Narkotika Dan Obat-Obat Terlarang Dalam Perspektif Pendidikan Nonformal Di Kota Makassar. Penilisan Skripsi ini dibimbing oleh Suardi,S.Pd,M.Pd. dan Dr.H.M. Ali Latif, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya rehabilitasi penyalahgunaan narkotika di YKP2N kota Makassar? Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya rehabilitasi penyalahgunaan narkotika di YKP2N kota Makassar. Penelitian ini di laksanakan. di YKP2N Jl. Raya Pendidikan kompleks Balla Panakukang No 25 Kota Makassar. penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu upaya rehabilitasi dalam perspektif pendidikan non formal yang terdapat pada upaya rehabilitasi karya melalui kegiatan. 1)Bimbingan vokasional, merupakan bimbingan kejuruan yang terkait di bidang ketermpilan dan bakat korban rehabilitasi;2)Latihan kerja, merupakan kegiatan ketermpilan untuk persiapan dunia kerja dan kembali bermasyarakat ;3) Penempatan kerja dan follow up, merupakan pendampingan dari apa yang telah diajarkan di rehabilitasi misalnya pelatihan kerja dan bimbingan vokasional. ;4) Kegiatan evaluasi, merupakan tolak ukur keberhasilan dari kegiatan -kegiatan yang telah dilakukan pada program rehabilitasi.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya rehabilitasi penyalahgunaan narkotika oleh Yayasan kelompok peduli penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang (YKP2N) adalah melalui proses bimbingan vokasional berupa pembentukan kepribadian, bimbingan kejuruan dan bimbingan pola hidup sehat, latihan kerja berupa latihan perbengkelan motor dan las, pelatihan elktronika, pelatihan peternakan sapi dan ayam ras, penempatan kerja follow up berupa berwirausaha mandiri dengan tetap diawasi oleh pengelola YKP2N dan dan penempatan kerja di perusahan-perusahan dengan tetap di awasi oleh pengelola YKP2N, dan evaluasi kegiatan berupa peninjauan 2 kali satu bulan oleh pengelola YKP2N dengan tolak ukur penigkatan kepribadian korban rehabilitasi, mengamati perubahan sikap, dan penigkatan keterampilan kerja.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:22
Last Modified: 06 Apr 2022 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22791

Actions (login required)

View Item View Item