POLA PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA KURANG MAMPU DI KELURAHAN TAMANGAPA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

LIDIA DAHLAN (2022) POLA PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA KURANG MAMPU DI KELURAHAN TAMANGAPA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (48kB)
[img] Text
2. BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
3. BAB II.docx

Download (37kB)
[img] Text
4. BAB III.docx

Download (24kB)
[img] Text
5. BAB IV.docx

Download (45kB)
[img] Text
6. BAB V & DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
8. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

Lidia Dahlan. 2015. Pola Pendidikan Anak pada Keluarga Kurang Mampu di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makakassar. Dibimbing oleh Dr.H. Syamsul Bakhri Gaffar, M. Si dan Dr. M Ali Latief, M.Pd.; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini mengkaji tentang pola pendidikan anak pada keluarga kurang mampu di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makakassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pola pendidikan anak pada keluarga kurang mampu di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pola pendidikan anak pada keluarga kurang mampu di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data penelitian ini meliputi lima keluarga yaitu tiga keluarga pemulung dan dua keluarga dari petani. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data kemudian reduksi data dan tahap terakhir yaitu penafsiran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga I dan II cenderung pada pola pendidikan permisif yaitu orangtua kurang memperhatikan kesehatan, kebutuhan anak, pendikan moral, dan sosial anak. Orangtua memberikan kebebasan terhadap setiap anak serta kurangnya komunikasi antara anak dan orangtua, sehingga pendidikan moral anak sangat kurang, sedangkan pada keluarga III, IV, dan V, pola pendidikan berada pada pola pendidikan demokratis, orangtua selalu memperhatikan kebutuhan anak, terutama kebutuhan makanan, dan kebutuhan sekolah walaupun sangat terbatas. Selain itu, komunikasi antara orangtua dan anak berjalan dengan baik, saling terbuka, dan seorang anak pun selalu mendengarkan saran dan kritik dari orangtua, sehingga perilaku anak jauh lebih baik karena adanya perhatian dan motivasi yang baik dari orangtua.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:01
Last Modified: 06 Apr 2022 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22787

Actions (login required)

View Item View Item