Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Kemampuan BerpikirKritisPeserta Didik Kelas XI SMK TeknologiPenerbanganHasanuddinMakassar

MULYANI, MULYANI (2016) Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Kemampuan BerpikirKritisPeserta Didik Kelas XI SMK TeknologiPenerbanganHasanuddinMakassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK MULYANI.2016 Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Kemampuan BerpikirKritisPeserta Didik Kelas XI SMK TeknologiPenerbanganHasanuddinMakassar (Studi Pada Materi Pokok LarutanElektrolitdan Non Elektrolit). (Dibimbing oleh Tabrani Ganidan Muharram). Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui: (1) Perbedaankemampuanberpikirkritisantarapesertadidik yang dibelajarkandengan model pembelajaranProblem Based Learningdenganpesertadidik yang dibelajarkandengan model pembelajaranDiscovery Learning, (2) Perbedaankemampuanberpikirkritisantarapesertadidik yang memilikigayaberpikirsequensialdengangayaberpikiracak, (3) Perbedaanantaraselisihkemampuanberpikirkritispesertadidik yang memilikigayaberpikirsequensialdangayaberpikiracak yang dibelajarkandengan model Problem Based Learningdan model pebelajaranDiscovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas XI SMK TeknologiPenerbanganHasanuddin Makassar tahun ajaran 2015/2016. Penentuan sampel menggunakan teknik random samplingdanterpilihkelas XI AFyang dibelajarkandengan model Problem Based Learning dan kelasXI AE yang dibelajarkandengan model Discovery Learning. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya berpikirdantes kemampuan berpikirkritis.Pengujianhipotesisdilakukandengan program SPSS menggunakananalisisstatistikdeskriptifdaninferensial.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: (1) tidak adaperbedaankemampuanberpikirkritispesertadidik yang dibelajarkandengan model Problem Based Learningdengan model Discovery Learning. (2)adaperbedaankemampuanberpikirkritispesertadidik yang memilikigayaberpikirsequensialdengangayaberpikiracak, (3) adaperbedaanantaraselisihkemampuanberpikirkritispesertadidik yang memilikigayaberpikirsequensialdanacak yang dibelajarkandengan model Problem Based Learningdan model Discovery Learning Kata Kunci : Model Pembelajaran, Gaya Berpikir,KemampuanBerpikirKritis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2017 05:03
Last Modified: 27 Mar 2017 05:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item