Pengaruh Model PembelajaranKooperatifTipeGroup Investigation DenganPenguatanSelf Assessment Dan minat Belajar Terhadap Hasi lBelajar Fisik aPeserta Didik Kelas XI SMANegeri 1 Watubangga Kabupaten Kolaka

Purwana Edi Saputra, I Gede (2016) Pengaruh Model PembelajaranKooperatifTipeGroup Investigation DenganPenguatanSelf Assessment Dan minat Belajar Terhadap Hasi lBelajar Fisik aPeserta Didik Kelas XI SMANegeri 1 Watubangga Kabupaten Kolaka. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK I GedePurwana Edi Saputra.2016. Pengaruh Model PembelajaranKooperatifTipeGroup Investigation DenganPenguatanSelf Assessment Dan MinatBelajarTerhadapHasilBelajarFisikaPesertaDidikKelas XI SMANegeri 1 WatubanggaKabupatenKolaka.(DibimbingolehSidin Ali danKaharuddin Arafah) Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui: (1)perbedaansecarakesuluruhanterhadaphasilbelajarfisikaantarapesertadidik yang diajarmelalui model pembelajarankooperatiftipegroup investigation yang diberipenguatanself assessment(GISA) denganpesertadidik yang diajarmelaluipembelajarankonvensional di kelas XI SMA Negeri 1 Watubangga. (2)perbedaanhasilbelajarfisikaantarapesertadidik yang diajarmelalui model pembelajaranGISAdengan yang diajarmelaluipembelajarankonvensionalpadapesertadidik yang memilikiminatbelajartinggi; (3) perbedaanhasilbelajarfisikaantarapesertadidik yang diajarmelalui model pembelajaranGISAdenganpesertadidik yang diajarmelaluipembelajarankonvensionalpadapesertadidik yang memilikiminatbelajarrendah; (4) pengaruhinteraksiantara model pembelajarandanminatbelajarterhadaphasilbelajarfisikapesertadidik.Jenispenelitian yang dipilihadalahpenelitaneksperimendengandesainfactorial 2x2.Penelitianinimenggunakanduakelasyaitukelaseksperimen yangdiajardengan model pembelajaranGISAdankelaskontroldenganpembelajarankonvensional. Populasidalampenelitianiniadalahseluruhpesertadidikkelas XI SMA Negeri 1 Watubangga, terdiri ataslima kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 176 orang, sedangkansampelnyadipilih 4 kelassecara randomyakniXI.IPA.A dan XI.IPA.BsebagaikelaseksperimendanKelasXI.IPA.C danKelas XI.IPA.Dsebagaikelaskontroldenganjumlahsampelmasing-masingterdiridari70pesertadidik.Hasilpenelitianmenunjukkan:(1) Secara keseluruhan,terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik antara yang diajar melalui model pembelajaran GISA dengan peserta didik yang diajar secara konvensional di kelas XI SMA Negeri 1 Watubangga; (2) Untukkelompokpesertadidik yang memilikiminatbelajartinggi, terdapatperbedaanhasilbelajarfisikaantara yang diajarmelalui model pembelajaranGISA dengan yang diajarmelaluipembelajarankonvensional; (3) Untukkelompokpesertadidik yang memilikiminatbelajarrendah, terdapatperbedaanhasilbelajarfisikaantara yang diajarmelalui model pembelajaranGISA dengan yang diajarmelaluipembelajarankonvensional; (4) Tidakterdapatinteraksiantara model pembelajarandanminatbelajarterhadaphasilbelajarfisikapesertadidik. Kata kunci: group investigationdenganpenguatanself assessment (GISA), konvensional,minatbelajar, danhasilbelajarfisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2017 04:59
Last Modified: 27 Mar 2017 04:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item View Item