PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI DI DESA PUDE KECAMATAN KAJUARA KABUPATEN BONE

F A H R U D D I N (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI DI DESA PUDE KECAMATAN KAJUARA KABUPATEN BONE.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (54kB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN.docx

Download (4MB)

Abstract

Fahruddin. 2014. Partisipasi Masyarakat Dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Di Desa Pude Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Suardi, S.Pd, M.Pd dan Dr. H. M. Ali Latief, M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang partisipasi masyarakat dalam program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri di Desa Pude Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimanakah partisipasi masyarakat dalam program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri di Desa Pude Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan mengetahui partisipasi masyarakat dalam program nasional pemberdayaan masyarakat di Desa Pude Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek penelitian adalah penanggung jawab operasional kegiatan, ketua unit pelaksana kegiatan, Sekretaris tim pelaksana PNPM, kepala desa, tokoh masyarakat, dan masyarakat desa pude yang terlibat dalam program PNPM Mandiri. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat Desa Pude dalam kegiatan PNPM Mandiri menggambarkan sangat aktif, aktif, kurang aktif, tidak aktif. Partisipasi masyarakat dalam program ini dapat dibuktikan dengan kehadiran masyarakat dalam kegiatan- kegiatan yang terkait, Adanya kegiatan PNPM Mandiri ini, secara tidak langsung memberikankan pemahaman terhadap masyarkat bahwa pembangunan suatu daerah untuk mengembangkan masyarakat dan mengangkat derajat suatu masyarakat bahwa mereka mampu diberdayakan dengan cara berpartisipasi dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Mar 2022 05:42
Last Modified: 30 Mar 2022 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22741

Actions (login required)

View Item View Item