EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN DI RUMAH SINGGAH BAGI ANAK JALANAN PADA YAYASAN PABATA UMMI KELURAHAN TAMANGAPA KOTA MAKASSAR

SULHIDAYAT (2022) EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN DI RUMAH SINGGAH BAGI ANAK JALANAN PADA YAYASAN PABATA UMMI KELURAHAN TAMANGAPA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (415kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.docx

Download (91kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB 1,2 DAN 3..docx

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV & V.docx

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.docx

Download (856kB)
[img] Text
riwayat hidup sul.docx

Download (24kB)

Abstract

Sulhidayat, 2014. Efektivitas Kegiatan Pembelajaran di Rumah Singgah bagi Anak Jalanan pada Yayasan Pabata Ummi Kelurahan Tamangapa Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra. Istiyani Idrus, M.Si dan Suardi, S.Pd, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas kegiatan pembelajaran di Rumah Singgah bagi anak Jalanan pada Yayasan Pabata Ummi Kelurahan Tamangapa kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas kegiatan pembelajaran di Rumah Singgah bagi anak Jalanan pada Yayasan Pabata Ummi Kelurahan Tamangapa Kota Makassar? Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan pembelajaran di Rumah Singgah bagi anak Jalanan pada Yayasan Pabata Ummi Kelurahan Tamangapa Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu berusaha menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Dalam penelitian ini, subjek penelitiannya adalah pengelola yayasan dan para tutor relawan yayasan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,1). Proses belajar mengajar yang ada di Rumah Singgah Yayasan Pabata Ummi berjalan cukup efektif karena metode pembelajarannya tetap mengacu pada pendidikan non formal meskipun metode pembelajarannya hanya diterapkan sebagian karena disesuaikan dengan kondisi realitas peserta didik. 2) Dalam pelaksanaan pembelajarannya Rumah Singgah yayasan Pabata Ummi didukung oleh fasilitas yang cukup memadai dan membantu proses belajar mengajar. 3) Metode penilaian atau evaluasi yang digunakan oleh para tutor Rumah Singgah Yayasan Pabata Ummi adalah bentuk penilaian sederhana seperti menanyakan kembali satu persatu kepada peserta didik terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan dan mengacu pada sejauh mana peserta didik dapat dianggap bisa untuk merasakan manfaat dari apa yang dipelajarinya tersebut di kehidupannya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Mar 2022 06:12
Last Modified: 28 Mar 2022 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22697

Actions (login required)

View Item View Item