Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Tingkat Pendidikan dan Status Sertifikasi Guru SMP di Kabupaten Sidenreng Rappang

MUNIRAH, MUNIRAH (2016) Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Tingkat Pendidikan dan Status Sertifikasi Guru SMP di Kabupaten Sidenreng Rappang. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK MUNIRAH. Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Tingkat Pendidikan dan Status Sertifikasi Guru SMP di Kabupaten Sidenreng Rappang (Dibimbing oleh Muhammad Arif Tiro dan Suwardi Annas) Guru matematika yang tersertifikasi untuk tingkat sekolah menengah pertama di Kabupaten Sidenreng Rappang mencapai 50 orang dari 102 guru matematika yang ada dan 10 diantaranya berpendidikan sampai tingkat strata dua. Status sertifikasi dan tingkat pendidikan ini diharapkan memberikan perbedaan pada hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pendidikan, status sertifikasi dan interaksi antara keduanya mempengaruhi hasil belajar matematika siswa sekolah menengah pertama di Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto, dengan tingkat pendidikan guru dan status sertifikasi guru sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Data diperoleh dari 228 siswa kelas VII dari 9 sekolah menengah pertama di Kabupaten Sidenreng Rappang sebagai sampel. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi dengan menggunakan variabel boneka (dummy variable). Variabel tingkat pendidikan berkategori 1 untuk tingkat pendidikan strata dua dan 0 untuk tingkat pendidikan strata satu. Demikian pula dengan variabel status sertifikasi diberi kategori 1 untuk guru dengan status tersertifikasi dan 0 guru dengan status belum tersertifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pendidikan guru mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, (2) status sertifikasi guru mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, (3) tidak ada interaksi/hubungan antara tingkat pendidikan dan status sertifikasi guru dalam memperoleh rata-rata hasil belajar matematika. Status sertifikasi memberikan pengaruh lebih besar terhadap hasil belajar daripada tingkat pendidikan guru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:44
Last Modified: 21 Mar 2017 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2269

Actions (login required)

View Item View Item