KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI DI KELOMPOK BELAJAR BALANG BARU BINAAN SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) UJUNG PANDANG KELURAHAN BALANG BARU KOTA MAKASSAR

RISNAWATI (2022) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI DI KELOMPOK BELAJAR BALANG BARU BINAAN SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) UJUNG PANDANG KELURAHAN BALANG BARU KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (2MB)

Abstract

RISNAWATI .2014. Keefektifan Pembelajaran Keaksaraan Usaha Mandiri di Kelompok Belajar Balang Baru Binaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandang Kelurahan Balang Baru Kota Makassar dengan Skripsi dibimbing oleh Dr. H. M. Ali Latief, M.Pd dan Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Keefektifan Pembelajaran Keaksaraan Usaha Mandiri di Kelompok Belajar Balang Baru Binaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandang Kelurahan Balang Baru Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Keefektifan Pembelajaran Keakasaraan Usaha Mandiri di Kelompok Belajar Balang Baru Binaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandang Kelurahan Balang Baru Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Unit analisisnya adalah penyelenggara terdiri dari 1 orang tutor dan 1 orang pengelola, dan 10 orang warga belajar keaksaraan usaha mandiri. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 patokan pembelajaran yaitu: 1.Warga belajar; 2. Sumber belajar; 3. Pamong belajar; 4. Sarana belajar; 5. Tempat belajar; 6. Dana belajar; 7. Ragi belajar; 8. Kelompok belajar; 9. Program belajar; 10. Hasil belajar. Terdapat 9 komponen yang efektif dan 1 komponen yang cukup efektif, maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Keaksaraan Usaha Mandiri di Kelompok Belajar Balang Baru Binaan Sanggar Kegiatan Belajar Ujung Pandang Kelurahan Balang Baru Kota Makassar sudah berjalan sangat efektif sesuai proses pembelajaran keaksaraan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:33
Last Modified: 28 Mar 2022 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22685

Actions (login required)

View Item View Item