PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEDESAAN PESISIR PANTAI DI DESA BABABULO UTARA KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE SULAWESI BARAT (STUDI KASUS DI DESA BABABULO UTARA) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEDESAAN PESISIR PANTAI DI DESA BABABULO UTARA KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE SULAWESI BARAT (STUDI KASUS DI DESA BABABULO UTARA) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEDESAAN PESISIR PANTAI DI DESA BABABULO UTARA KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE SULAWESI BARAT (STUDI KASUS DI DESA BABABULO UTARA)

enri Setiawan Hapil (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEDESAAN PESISIR PANTAI DI DESA BABABULO UTARA KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE SULAWESI BARAT (STUDI KASUS DI DESA BABABULO UTARA) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEDESAAN PESISIR PANTAI DI DESA BABABULO UTARA KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE SULAWESI BARAT (STUDI KASUS DI DESA BABABULO UTARA) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEDESAAN PESISIR PANTAI DI DESA BABABULO UTARA KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE SULAWESI BARAT (STUDI KASUS DI DESA BABABULO UTARA).

[img] Text
PENGESAHAN USULAN PENELITIAN telah seminar.doc

Download (56kB)
[img] Text
sampul cONDA.docx

Download (74kB)
[img] Text
sampul cONDA.docx

Download (74kB)
[img] Text
Lampiran 1 KISI-KISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 2 Pedoman wawancara.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 3 HASIL WAWANCARA.docx

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran 4 Hasil observasi.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran 5 dOKUMENTASI.docx

Download (453kB)

Abstract

enri Setiawan Hapil, 2013. Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Pesisir Pantai Di Desa Bababulo Utara Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Sulawesi Barat (Studi Kasus Di Desa Bababulo Utara)”. Skripsi. Dibimbing oleh Suardi. S.Pd, M.Pd dan Dr. H. Ali Latief. M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Pesisir Pantai Di Desa Bababulo Utara Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Sulawesi Barat (Studi Kasus Di Desa Bababulo Utara). Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Pesisir Pantai Di Desa Bababulo Utara Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Sulawesi Barat (Studi Kasus Di Desa Bababulo Utara). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Pesisir Pantai Di Desa Bababulo Utara Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Sulawesi Barat (Studi Kasus Di Desa Bababulo Utara)”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Desa, Tokoh Masyarakat satu orang, Ketua Badan Perwakilan Desa, dan Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (informan penelitian berjumlah empat orang). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat pedesaan pesisir pantai digunakan strategi pemberdayaan masyarakat pedesaan yang memperoleh hasil penelitian bahwa: Pemberdayaan yang dilakukan oleh Aparatur Desa yang bersinergis dengan Lembaga Perwakilan Desa, Tokoh Masyarakat dan Organisasi Kemasyarakatan (Badan Keswadayaan Masyarakat) membuat masyarakat pedesaaan pesisir pantai lebih kreatif dan mandiri, pemberdayaan masyarakat yang dilakukan yakni: (1) Menciptakan Iklim, memperkuat daya dan melindungi masyarakat yang mencakup pemberian bantuan modal usaha agar masyarakat desa bisa mandiri dan kreatif dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. (2) Pembangunan teknikal profesional meliputi memberikan pengetahuan keterampilan-keterampilan khusus kepada warga masyarakat agar mampu berkreasi menciptakan karya yang bisa menambah income masyarakat desa. (3) Strategi gotong royong dipercaya bahwa perubahan-perubahan masyarakat dapat diwujudkan melalui partisipasi luas segenap komponen masyarakat. (4) Strategi konflik menaruh perhatian pada perubahan peraturan agar masyarakat bisa menyuarakan kebutuhannya dan diperlakukan lebih adil dan demokratis. (5) Menekankan pada perubahan tingkat subjektif individual dengan menanamkan nilai-nilai moralitas yang manusiawi agar pemberdayaan mayarakat berjalan sesuai dengan norma yang berlaku.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:21
Last Modified: 28 Mar 2022 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22684

Actions (login required)

View Item View Item