Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kinerja pada Materi Protista

Abdias, Ricci and Jago Duda, Hilarius and Essi Utami, Yuniarti and Bahri, Arsad (2019) Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kinerja pada Materi Protista. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4 (2). pp. 75-83. ISSN 2540-802X

[img] Text
16. Haris JPBIO 2019.pdf

Download (513kB)
[img] Text
16. Review Pengembangan bahan ajar.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data dilapangan bahwa bahan ajar biologi berbasis kinerja siswa pada materi protista belum pernah dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kinerja terhadap siswa kelas X SMA Karya Sekadau. Model yang peneliti gunakan adalah model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Subyek ujicoba lapangan yaitu siswa kelas X sebanyak 30 siswa SMA Karya Sekadau. Persentase hasil validasi modul oleh ahli materi, ahli media, dan guru bidang studi sebesar 86,6% sehingga modul memiliki kualifikasi sangat layak. Modul diuji coba terhadap siswa SMA Karya Sekadau kelas XI IIS 1 pada tahap initial development testing. Persentase penilaian modul oleh siswa kelas XI sebesar 88,43 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi modul yang sangat layak. Efektifitas dari modul ini dilihat dari nilai gain score 0,54 dengan kriteria sedang, sehingga dapat dinyatakan efektif. Respon siswa dari modul dengan pengambilan uji skala kecil sebesar 88,43% dengan respon sangat baik.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:55
Last Modified: 29 Mar 2022 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22650

Actions (login required)

View Item View Item