Retensi Kognitif Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas pada Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

Azizah, Aulia and Bahri, Arsad and Syamsiah, Syamsiah (2020) Retensi Kognitif Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas pada Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Jurnal Biology Teaching and Learning, 3 (1). pp. 148-155. ISSN 2621 – 5535

[img] Text
14. BTL jigsaw 2020.pdf

Download (191kB)
[img] Text
14. Retensi Kognitif Biologi.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/16181/9371

Abstract

Model pembelajaran konvensional khusunya metode ceramah yang bersifat teacher-centered dewasa ini masih mendominasi dan sering digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah menengah. Diperlukan model pembelajaran yang bersifat student-centered yang diharapkan mampu meningkatkan retensi kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap retensi kognitif biologi siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran konvensial dengan metode ceramah. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Wajo yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik random sampling, X MIPA 2 sebagai kelas Eksperimen yang terdiri dari 23 siswa dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan 26 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Data penelitian dianalisis secara deskriptif statistik dan deskriptif inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap retensi kognitif siswa di SMA Negeri 5 Wajo. Guru dapat menerapkan model pembelajaran ini dalam pembelajaran yang lainnya dengan memperhatikan karakteristik materinya.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:43
Last Modified: 29 Mar 2022 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22648

Actions (login required)

View Item View Item