PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI KECAMATAN TANETE RIATTANG, KABUPATEN BONE

Hardianti Ashar, Sitti (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI KECAMATAN TANETE RIATTANG, KABUPATEN BONE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI KECAMATAN TANETE RIATTANG, KABUPATEN BONE (The Influence of Learning Media and Classroom Management toward Students Learning Achievement in Office Administration Program at Public Vocational Schools in Tanete Riattang Subdistrict of Bone District) ABSTRAK Media pembelajaran dan pengelolaan kelas adalah hal yang penting selama pembelajaran berlangsung, media pembelajaran dapat membantu siswa memperkaya wawasan dan pengelolaan kelas yang baik untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif. Sebagai pengajar, guru harus membantu perkembangan siswa untuk menerima, memahami dan menguasai pelajaran. Untuk itu guru hendaknya mampu mengembangkan media pembelajaran dan pengelolaan kelas dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan teknik pengumpulan melalui observasi, penyebaran angket dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) terdapat pengaruh positif signifikan antara media pembelajaran dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone yakni 23,6%; (ii) terdapat pengaruh positif signifikan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone yakni 17%; (iii) terdapat pengaruh positif signifikan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone yakni 19,9%. Kata Kunci: media pembelajaran, pengelolaan kelas, prestasi belajar siswa ABSTRACT Learning media and classroom management is important aspects during the learning process, learning media help students enriching thire knowledge and good classroom management can create effective learning situation. As a teacher, teachers must assist the students development to accept, understand and master the subject , Therefore, teacher should be able to develop learning media and manage the classroom well in learning. The research employed quantitative method. Data is collected through observation, questionnaire and documentation techniques. Data is analyzed by employing descriptive statistic and inferential statistic analysis. The results of the research reveal that (i) there are significant positive influence between learning media and class management toward the students learning by 23,6% in Office Administration program at SMKN in Tanete Riattang subdistrict of Bone district; (ii) there is significant positive influence of learning media towards the students learning achievement by 17% in Office Administration program at SMKN in Tanete Riattang subdistrict of Bone district (iii) there is significant positive influence classroom management toward the student learning achievement by 19,9% in Office Administration program at SMKN in Tanete Riattang subdistrict of Bone district. Key words: learning media, class management, students learning achievement.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:37
Last Modified: 21 Mar 2017 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item