PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN PROBLEM ISOMORFIK KUANTITATIF. KUANTITATIF FORMAT ESSAY PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG

Sudarto, Sudarto and Zainul, Asmawi (2011) PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN PROBLEM ISOMORFIK KUANTITATIF. KUANTITATIF FORMAT ESSAY PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG. In: Seminar Nasional Pendidikan, 15 Januari 2011, Surabaya.

[img] Text
prosiding semnas pendidikan Asesmen otentik.pdf

Download (4MB)
[img] Text
peer reviewer Semnas Asesmen Otentik.pdf

Download (856kB)

Abstract

ABSTRAK Artikel ini merupakan bagian dari penelitlan disertasi yang bertujuan untuk mengembangkan model asesmen problem isomorfik kuantitatjf-kuantitatif yang diharapkan dapat mengeksplorasi pemahaman konsep mahasiswa pada pokok bahasan gelombang dalam mat€ kuliah fisika dasar. Model asesmen ini diharapkan dapat menggali kemampuan maksimal atau pemahaman maksimal mahasiswa. penelitian R & D ini dilaksanakan di Jurusan Fisika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar dengan melibatkan 28 orang mahasiswa. Secara khusus, artikel ini menyaiikan tentang penyusunan asesmen problem isomorfik kuantitatif-kuantitatif format essay Serta hasil tes mahasiswa yang menggunakan format tersebut. Model pengembangan asesmen problem isomorfik kuantitatif-kuantitatif fomal essay ditempuh melalui langkah-langkah sebegai berikut : 1) pemilihen topik yang akan dijadikan bahan pembuatan asesmen, 2) penulisan konsep yang akan dijadikan sasaran/inti asesmen, 3) penulisan analisis konsep, 4) penentuan tujuan pembelajaran berkaitan konsep yang akan diaseskan, 5) penyusunan asesmen dalam model kuantitatif-kuantitatif dalam format essay. Hasil pengembangan model kemudian langsung diterapkan dan memperoleh informasi tentang keberhasilan sebesar 42.77% di atas nilai standar kelulusan yang ditetapkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:31
Last Modified: 25 Mar 2022 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22612

Actions (login required)

View Item View Item