Sudarto, Sudarto and Zainul, Asmawi (2011) PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN PROBLEM ISOMORFIK KUANTITATIF. KUANTITATIF FORMAT ESSAY PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG. In: Seminar Nasional Pendidikan, 15 Januari 2011, Surabaya.
Text
prosiding semnas pendidikan Asesmen otentik.pdf Download (4MB) |
|
Text
peer reviewer Semnas Asesmen Otentik.pdf Download (856kB) |
Abstract
ABSTRAK Artikel ini merupakan bagian dari penelitlan disertasi yang bertujuan untuk mengembangkan model asesmen problem isomorfik kuantitatjf-kuantitatif yang diharapkan dapat mengeksplorasi pemahaman konsep mahasiswa pada pokok bahasan gelombang dalam mat€ kuliah fisika dasar. Model asesmen ini diharapkan dapat menggali kemampuan maksimal atau pemahaman maksimal mahasiswa. penelitian R & D ini dilaksanakan di Jurusan Fisika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar dengan melibatkan 28 orang mahasiswa. Secara khusus, artikel ini menyaiikan tentang penyusunan asesmen problem isomorfik kuantitatif-kuantitatif format essay Serta hasil tes mahasiswa yang menggunakan format tersebut. Model pengembangan asesmen problem isomorfik kuantitatif-kuantitatif fomal essay ditempuh melalui langkah-langkah sebegai berikut : 1) pemilihen topik yang akan dijadikan bahan pembuatan asesmen, 2) penulisan konsep yang akan dijadikan sasaran/inti asesmen, 3) penulisan analisis konsep, 4) penentuan tujuan pembelajaran berkaitan konsep yang akan diaseskan, 5) penyusunan asesmen dalam model kuantitatif-kuantitatif dalam format essay. Hasil pengembangan model kemudian langsung diterapkan dan memperoleh informasi tentang keberhasilan sebesar 42.77% di atas nilai standar kelulusan yang ditetapkan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 07:31 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 07:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22612 |
Actions (login required)
View Item |