Pengembangan Model Asesmen Qualitative-QuaIitative Isomorphic Problem Format Essay

Sudarto, Sudarto and Liliasari, Liliasari (2010) Pengembangan Model Asesmen Qualitative-QuaIitative Isomorphic Problem Format Essay. In: Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 11 Desember 2010, Fakultas Teknik UNESA.

[img] Text
prosiding Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Peer reviewer Pengembangan Model Asesmen Qualitative Isomorphic Problem.pdf

Download (829kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model asesmen qualitative-qualitative isomorphic problem format essay yang diharapkan dapat mengeksplorasi pemahaman konsep mahasiswa pada pokok bahasan gelombang perkuliahan fisika dasar sedemikian yang nampak dari hasil asesmen itu merupakan kemampuan maksimal atau pemahaman maksimal mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari beberapa langkah: l) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) membuat rancangan instrumen awal, 4) validasi ahli, 5) uji coba terbatas, 6) analisa hasil ujicoba terbatas dan 7) publikasi. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Fisika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar dengan melibatkan 28 orang mahasiswa. Hasil penelitian berupa model asesmen qualitative-qualitative isomorphic problem format essay. Pada model ini, pemahaman konsep gelombang mahasiswa mencapai 23,33% di atas nilai standar kelulusan yang ditetapkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 25 Mar 2022 05:34
Last Modified: 25 Mar 2022 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22610

Actions (login required)

View Item View Item