PEMBERDAYAAN NARAPIDANA MELALUI PELATIHAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS I MAKASSAR

HAYATULLAH (2022) PEMBERDAYAAN NARAPIDANA MELALUI PELATIHAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS I MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI HAYATULLAH.docx

Download (7MB)

Abstract

Hayatullah, 2013.Pemberdayaan Narapidana Melalui Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Istiyani Idrus,M.Si dan Suardi S.Pd M.Pd; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemberdayaan narapidana melalui pelatihan budidaya Ikan air tawar di lembaga pemasyarakatan klas I Makassar?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemberdayaan narapidana melalui pelatihan budidaya Ikan air tawar di Lembaga Pemasyarakatan klas I Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah penelitia deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah penyelenggara dan sebagai narasumber teknis serta warga binaan yang terdiri dari 7 informan, ada tiga teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, alur analisis data yang digunakan adalah analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial, Dalam penelitian ini untuk membuktikan keabsahan data penelitian ini digunakan triangulasi sumber/data. Kesimpulan dari hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu pemberdayaan narapidana melalui pembinaan kecakapan hidup/life skills di Lembaga Permasyarakatan Klas I Makassar dibagi menjadi empat tahapan, meliputi : a) Penetapan tujuan pemberdayaan yaitu untuk melatih narapidana agar dapat hidup mandiri, b) Proses pelaksanaan kegiatan pemberdayaan yang terdiri dari : identifikasi kebutuhan masyarakat, menetapkan tujuan, merancang kegiatan, menentukan narasumber teknis/tutor, menentukan peserta, menentukan pelaksanaan kegiatan, persiapan pelaksanaan kegiatan, penerapan/pelaksanaan kegiatan, evaluasi kegiatan, Dokumentasi kegiatan, c) Hasil pelaksanaan kegiatan pemberdayaan adalah terlatihnya 4 warga belajar melalui pelatihan budidaya ikan air tawar, d) Evaluasi pelaksanaan kegiatan pemberdayaan meliputi evaluasi dampak dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Mar 2022 05:44
Last Modified: 24 Mar 2022 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22601

Actions (login required)

View Item View Item