OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK BERMAIN NURCAHAYA KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR

VERONIKA (2022) OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK BERMAIN NURCAHAYA KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (39kB)
[img] Text
Isi Skripsi.docx

Download (146kB)
[img] Text
Lamp 1-3.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lamp 4_tabel RKH.docx

Download (36kB)
[img] Text
Lamp 5_SKENARIO.docx

Download (34kB)
[img] Text
Lamp 6-7-2edit ujian hasil.doc

Download (9MB)
[img] Text
Lamp 8_Persurtan.docx

Download (199kB)

Abstract

VERONIKA. 2012. Optimalisasi Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Didik dengan Menggunakan Media Gambar di kelompok Bermain Nurcahaya Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. H. Alimin Umar, M.Pd. dan Dra. Kartini Marzuki ,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Bagaimana Mengoptimalkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Didik dengan Menggunakan Media Gambar Di kelompok Bermain Nurcahaya Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Fokus masalah yaitu apakah kemampuan bahasa ekspresif anak didik dapat dioptimalkan dengan menggunakan media gambar di kelompok bermain Nurcahaya Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengoptimalkan kemampuan berbahasa ekspresif anak didik melalui media gambar di kelompok bermain Nurcahaya Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kompilasi metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh yaitu melalui penerapan media gambar di kelompok bermain Nurcahaya Kecamatan Bontoala, kemampuan berbahasa ekspresif anak didik berkembang secara optimal di mana anak dapat memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain, mengutarakan pendapat dan menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan, mengulang kalimat yang lebih kompleks dan menceritakan kembali cerita sederhana.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Mar 2022 05:40
Last Modified: 24 Mar 2022 05:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22600

Actions (login required)

View Item View Item