Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

RATAU, ASRIA (2014) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK ASRIA RATAU. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah”. (Dibimbing oleh Baso Intang Sappailedan Awi Dassa) Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk (1) mengetahui aktivitas dan respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended problem (2) mengetahui aktivitas dan respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah (3) mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran (open ended problem dan pemecahan masalah) terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, sebanyak 6 sekolah yang berakreditasi B. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan sampel acak sederhana, dengan membuat nomor urut sekolah, selanjutnya dari sekolah yang terpilih tersebut ditentukan kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 yang diajar dengan menggunakan pendekatan open ended problem dan pendekatan pemecahan masalah. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukan bahwa data aspek aktivitas siswa dengan menggunakan pendekatan open ended problem berada pada kategori baik, data aspek respons siswa berada pada kategori cenderung positif. Adapun data aspek aktivitas siswa dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah berada pada kategori baik, data aspek respons siswa berada pada kategori cenderung positif.Hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji multivariate analisis of variance (MANOVA), menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran (open ended problem dan pemecahan masalah) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:27
Last Modified: 21 Mar 2017 02:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item