PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 18 MAKASSAR (Studi pada Materi Pokok Alat Optik)

Sudarto, Sudarto and Mamin, Ratnawati and Nastiti, Erika Nadya (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 18 MAKASSAR (Studi pada Materi Pokok Alat Optik). Jurnal IPA Terpadu, 3 (1). pp. 65-73. ISSN 2597-8977

[img] Text
artikel-Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
peer reviewer Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatff Tipe leam Assisted Individualization.pdf

Download (981kB)
[img] Text
TURNITIN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL B - Sudarto Sudarto.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/view/1114...

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar (Studi pada Materi Pokok Alat Optik). Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Noneqivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 10 kelas. Adapun sampel penelitian ini dilakukan dengan cara double random sampling dengan asumsi bahwa seluruh kelas adalah homogen. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa H1 diterima pada α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berada pada kategori sangat tinggi, dan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction berada pada kategori sedang. 2) Hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) lebih tinggi daripada hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction dengan hasil thitung = 4,67 > ttabel(0,58) = 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI), Hasil belajar
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:55
Last Modified: 23 Mar 2022 07:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22589

Actions (login required)

View Item View Item