Penerapan Perkuliahan dengan Pendekatan Humanistik Pada Mata Kuliah Penelitian Pendidikan di PGSD Bone

Sudarto, Sudarto and Mustamir, Mustamir (2019) Penerapan Perkuliahan dengan Pendekatan Humanistik Pada Mata Kuliah Penelitian Pendidikan di PGSD Bone. Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam ”Jurnal RETORIKA", 1 (1). pp. 120-126. ISSN 2655-5166

[img] Text
artikel-PENERAPAN PERKULIAHAN DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK KULIAH PENELITIAN PENDIDIKAN DI PGSD BONE.pdf

Download (124kB)
[img] Text
peer reviewer penerapan perkuliahan dengan pendekatan humanistik.pdf

Download (835kB)

Abstract

Abstrak Permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan mahasiswa selalu menjadi topik yang memerlukan perhatian terus-menerus dari berbagai kalangan. Banyak penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa, namun sebagian besar masih berlandaskan pada pendekatan kognitif semata. Berdasarkan kajian teoritis, teori belajar yang lebih banyak memberikan peluang untuk berkembangnya potensi mahasiswa secara optimal adalah teori belajar humanistik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pre-eksperimen dengan desain one shoot case study. Data yang diambil dan diolah adalah data kemampuan atau pemahaman mahasiswa yang berupa nilai perolehan mahasiswa dari mengerjakan tugas dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam perkuliahan ini berkisar pada nilai 4 atau nilai A dan nilai 3 atau nilai B. Secara keseluruhan, rata-rata kemampuan mahasiswa adalah 3,5 melebihi target, yaitu nilai 3. Semua mahasiswa terlihat aktif dan serius dalam mengikuti perkuliahan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan Perkuliahan, Pendekatan Humanistik, Mata Kuliah Penelitian Pendidikan, PGSD Bone
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:32
Last Modified: 23 Mar 2022 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22587

Actions (login required)

View Item View Item