Pengembangan Instrumen Pemantauan Pelaksanaan Standar Penilaian Pendidikan oleh Pengawas Sekolah melalui Persepsi Peserta Didik SMK di Kabupaten Polewali Mandar

DARWIS, WAHYUNI (2016) Pengembangan Instrumen Pemantauan Pelaksanaan Standar Penilaian Pendidikan oleh Pengawas Sekolah melalui Persepsi Peserta Didik SMK di Kabupaten Polewali Mandar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK WAHYUNI DARWIS. Pengembangan Instrumen Pemantauan Pelaksanaan Standar Penilaian Pendidikan oleh Pengawas Sekolah melalui Persepsi Peserta Didik SMK di Kabupaten Polewali Mandar. (Dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Kaharuddin Arafah) Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengembangkan instrumen yang dapat digunakan pengawas untuk memantau pelaksanaan standar penilaian pendidikan melalui persepsi peserta didik SMK di Kabupaten Polewali Mandar dan (ii) mengetahui kualitas instrumen yang dihasilkan tersebut. Instrumen berbentuk kuesioner dengan 5 pilihan jawaban ini dikembangkan mengacu pada Permendikbud RI Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan yang diurai dalam 12 indikator. Instrumen tersebut terdiri atas 40 butir pernyataan yang diujicobakan pada 296 peserta didik di 5 SMK Kabupaten Polewali Mandar. Pengembangan instrumen melalui tiga proses uji validitas yaitu validitas isi, validitas konstruk dan validitas kriteria internal serta uji reliabilitas. Kuesioner yang dihasilkan terdiri atas 35 butir pernyataan yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. ABSTRACT WAHYUNI DARWIS. 2016. Instrument Development of Monitoring the Implementation of Education Assessment Standard by School Supervisor through Students’ Perception at SMK in Polewali Mandar District (supervised by Baso Intang Sappaile and Kaharuddin Arafah). The study aims at (i) developing instrument that can be used by supervisors to monitor the implementation of education assessment standard through students’ perception at SMK in Polewali Mandar district and (ii) examining the equality of the instrument produced. The instrument, which is in a form a questionnaire with 5 answer choice, is developed by referring to Permendikbud RI No. 66 in 2013 on Standard of Education Assessment explained in 12 indicators. The instrument consist of 40 statement items tested to 296 students in five vocational school in Polewali Mandar district. The instrument development is conducted in three processes of validity test, namely content validity, construct validity, and internal criteria validity as well as reliability test. The questionnaire produced consist of 35 statement items which has met the criteria of valid and reliable.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:24
Last Modified: 21 Mar 2017 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item