PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POSTER PADA WARGA BELAJAR KELOMPOK BELAJAR PAKET A PKBM AL-MARKAZ AL-ISLAMI KELURAHAN TIMONGANG LOMPOA KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR

Nurwahidah (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POSTER PADA WARGA BELAJAR KELOMPOK BELAJAR PAKET A PKBM AL-MARKAZ AL-ISLAMI KELURAHAN TIMONGANG LOMPOA KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ABSTRAK idha.docx

Download (56kB)
[img] Text
LAMPIRAN LENGKAP.docx

Download (73kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI LENGKAP.docx

Download (110kB)

Abstract

Nurwahidah, 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Penggunaaan Media Poster Pada Warga Belajar Kelompok Belajar Paket A PKBM Al-Markaz Al-Islami Kelurahan Timungang Lompoa Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Dibimbing oleh Drs.Firdaus Hasan,M.SI dan Dra. Kartini Marzuki, M.Si, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Penggunaaan Media Poster Pada Warga Belajar Kelompok Belajar Paket A PKBM Al-Markaz Al-Islami Kelurahan Timungang Lompoa Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan membaca warga belajar dapat ditingkatkan melalui penggunaan media poster pada warga belajar Paket A di PKBM Al-Markaz Al-Islami Kelurahan Timungang Lompoa Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca warga belajar melalui penggunaan media poster pada warga belajar Paket A di PKBM Al-Markaz Al-Islami Kelurahan Timungang Lompoa Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, subyek penelitian ini adalah 20 warga belajar dan 1(satu) orang tutor mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, Tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca pada warga belajar pada siklus I dengan rata–rata tergolong kategori sedang, Terbukti bahwa Penggunaan media poster dapat meningkatkan kemampuan membaca warga belajar kelas III pada Kelompok Belajar Paket A di PKBM Al-Markaz Al-Islami Kelurahan Timungang Lompoa Kecamatan Bontoala Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Mar 2022 06:32
Last Modified: 22 Mar 2022 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22572

Actions (login required)

View Item View Item