Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa SMK Negeri 5 Makassar.

NURAENI, NURAENI (2016) Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa SMK Negeri 5 Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK NURAENI. Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa SMK Negeri 5 Makassar. (dibimbing oleh Jokebet Saludung dan Syahrul). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program Praktik Kerja Industri (Prakerin) berdasarkan aspek konteks, input, proses, produk, serta faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 5 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi yang menggunakan Model CIPP (Context, Input, Proces, Product). Subjek penelitian ini ialah peserta Praktik Kerja Industri di SMK Negeri 5 Makassar Tahun Pelajaran 20013/2014. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 5 Makassar dan industri-industri mitra sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek konteks, Program Prakerin di SMK Negeri 5 Makassar telah diselenggarakkan berdasarkan landasan hukum yang tepat serta lingkungan yang kondusif dan mendukung. Dari aspek input, Program Prakerin di SMK Negeri 5 Makassar diselenggarakan atas kebijakan kepala sekolah yang tepat, kesiapan tenaga instruktur yang kompeten, namun keterlaksanaan kurikulum dari sekolah tidak sepenuhnya terlaksana. Dari aspek proses, Program Prakerin telah berada pada kategori sangat baik. Dari produk, hasil Prakerin peserta telah berada pada kategori baik. Faktor yang menjadi pendukung terselenggaranya Program Prakrin di SMK Negeri 5 Makassar yakni: kebijakan kepala sekolah yang tepat, instruktur industri yang kompeten, kinerja instruktur industri yang sangat baik, suasana Prakerin yang mendukung, fasilitas praktik yang lengkap sesuai dengan kebutuhan peserta prakerin sehingga Prakerin berhasil baik. Adapun faktor penghambat yakni: tidak adanya kendaraan sekolah yang dapat mengantar peserta Prakerin untuk lokasi yang cukup jauh, penerapan kurikulum sekolah (KTSP) yang belum maksimal sehingga membutuhkan perbaikan ke depan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:23
Last Modified: 21 Mar 2017 02:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item View Item