PENINGKATAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET A SETARA KELAS VI SD MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI PKBM AL-MARKAZ AL-ISLAMI KELURAHAN TIMONGANG LOMPOA KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR

HASRIANI (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET A SETARA KELAS VI SD MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI PKBM AL-MARKAZ AL-ISLAMI KELURAHAN TIMONGANG LOMPOA KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Lampiran Awal.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Lampiran Akhir.pdf

Download (908kB)

Abstract

HASRIANI, 2013. Peningkatan hasil belajar warga belajar kejar paket A setara kelas VI SD melalui pendekatan kontekstual di PKBM Al-Markaz Al-Islami Kelurahan Timongang Lompoa Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si dan Suardi, S.Pd., M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan hasil belajar warga belajar kejar paket A setara kelas VI SD melalui pendekatan kontekstual di PKBM Al-Markaz Al-Islami Kelurahan Timongang Lompoa Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Rumusan masalah yaitu bagaimana peningkatan hasil belajar warga belajar kejar paket A setara kelas VI SD melalui pendekatan kontekstual di PKBM Al-Markaz Al-Islami Kelurahan Timongang Lompoa Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar warga belajar kejar paket A setara kelas VI SD melalui pendekatan konstekstual di PKBM Al-Markaz AlIslami Kelurahan Timongang Lompoa Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Fokus dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar warga belajar paket A setara kelas VI SD di PKBM AlMarkaz Al-Islami Kelurahan Timongang Lompoa Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siklus pertama dan siklus kedua, nampak bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Dimana pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar warga belajar berada pada kategori sedang, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar warga belajar berada pada kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar warga belajar kejar paket A setara kelas VI SD setelah diterapkan pendekatan kontekstual Di PKBM Al-Markaz Al-Islami Kelurahan Timongang Lompoa Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Hal ini dibuktikan melalui data hasil belajar warga belajar di akhir masing-masing siklus, dimana pada siklus I nilai rata-rata warga belajar berada pada kategori sedang dan pada siklus II nilai rata-rata warga belajar berada pada kategori tinggi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Mar 2022 06:01
Last Modified: 22 Mar 2022 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22568

Actions (login required)

View Item View Item