PERANAN TUTOR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT BANNEPADANG DI DESA PASUI KABUPATEN ENREKANG

NILMA B (2022) PERANAN TUTOR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT BANNEPADANG DI DESA PASUI KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
Sampul Skripsi nhilma.docx

Download (395kB)
[img] Text
Isi Skripsi nhilma.docx

Download (974kB)

Abstract

Nilma, 2013, Peranan Tutor Keaksaraan Fungsional Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Warga Belajar keaksaraan fungsional Di PKBM Bannepadang Desa Pasui Kabupaten Enrekang. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M. Si dan Dr. H. M. Ali Latief, M. Pd. Jurusan Pendidikan Luar sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Makassar. Penelitian ini menelaah Peranan Tutor Keaksaraan Fungsional Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Warga Belajar Di PKBM Bannepadang Desa Pasui Kabupaten Enrekang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peranan Tutor Keaksaraan Fungsional Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Warga Belajar Di PKBM Bannepadang Desa Pasui Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan tutor keaksaraan fungsional dalam meningkatkan prestasi belajar warga belajar Di PKBM Bannepadang Desa Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Subjek penelitian ini adalah 3 orang tutor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis secara kualitatif melalui lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan tutor keaksaraan fungsional di PKBM Bannepadang adalah sebagai pengajar: tutor membuat RPP, menyiapkan media, meyiapkan materi pembelajaran, mengajar tepat waktu, memilih metode pembelajaran. Sebagai pembimbing: membimbing warga belajar yang tingkat prestasi belajarnya rendah. Sebagai fasilitator: Menyediakan fasilitas atau sumber belajar yang dibutuhkan warga belajar dalam proses pembelajaran. Sebagai motivator: Memotivasi warga belajar agar aktif dalam proses pembelajaran. Sebagai pelatih: Melatih warga belajar dalam menghitung yang berkaitan dengan keterampilan kerja. Dengan demikian tutor sangat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar warga belajar Di PKBM Bannepadang Desa Pasui Kabupaten Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Mar 2022 05:55
Last Modified: 22 Mar 2022 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22566

Actions (login required)

View Item View Item