PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN MENJAHIT DI RUMAH BELAJAR AN’NUUR KELURAHAN BALLAPARANG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

WILDA ILMAN (2022) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN MENJAHIT DI RUMAH BELAJAR AN’NUUR KELURAHAN BALLAPARANG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI .docx

Download (17kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (663kB)

Abstract

Wilda Ilman. 2013. Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan menjahit di rumah belajar An’Nuur Kelurahan Ballaparang Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan menjahit di rumah belajar An’Nuur Kelurahan Ballaparang Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan menjahit di rumah An’Nuur Kelurahan Ballaparang Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan menjahit di rumah belajar An’Nuur Kelurahan Ballaparang Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian adalah Pembina satu orang, Instruktur satu Orang, dan Peserta lima orang yang terlibat aktif dalam pelatihan menjahit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan menjahit maka digunakan strategi pemberdayaan. Hasil Penelitian yang diperoleh, pada strategi pemberdayaan penyelenggara program melakukan perencanaan program agar tujuan dapat tercapai dengan menggunakan kontrol dan monitoring dan penyelenggara program membuat metode pembelajaran yang tidak membosankan agar porses belajar mengajar berjalan dengan lancar dan tetap mengontrol peserta pelatihan yang mempunyai keterampilan dari hasil pelatihan menjahit.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Mar 2022 05:51
Last Modified: 22 Mar 2022 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22565

Actions (login required)

View Item View Item