PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP OLEH PKBM AMALIYAH DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR

KASMAN (2022) PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP OLEH PKBM AMALIYAH DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
KASMAN 084204012.pdf

Download (645kB)

Abstract

Kasman. Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup melalui PKBM Amaliyah (Binaan SKB Ujung Pandang) Kota Makassar, Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Rudi Amir, S.Pd. M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pendidikan kecakapan hidup Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Amaliyah (Binaan SKB Ujung Pandang) Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Amaliyah (Binaan SKB Ujung Pandang) Kota Makassar. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Amaliyah (Binaan SKB Ujung Pandang) Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian adalah Ketua Pelaksana 1 orang, Sekretaris 1 orang, dan Bendahara 1 Orang PKBM Amaliyah. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan 3 Indikator perencanaan, evaluasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Tahap perencanaan yang dilaksanakan antara lain: a. pengelola melakukan pendataan terhadap calon warga belajar, b. merekrut calon tutor yang akan terlibat dalam proses belajar mengajar kecakapan hidup dengan kualifikasi pendidikan yang telah ditentukan. Tahap pelaksanaan pendidikan kecakapn hidup hal-hal yang dilakukan adalah: a. menentukan metode mengajar yang digunakan oleh tutor, b. materi/bahan pembelajaran, c. jadwal pembelajaran, d. pemberian penghargaan (ragi belajar) agar warga belajar memiliki motivasi dalam belajar, dan e. melakukan proses administarsi. Dalam tahap pelaksanaan ini bertujuan untuk menjamin pelaksanaan yang tepat dari suatu rencana. Evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran program pembelajaran kecakapan hidup, antara lain: a. penilaian program, dan b. penilaian pembelajaran.Manfaat dari kegiatan evaluasi adalah untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan yang dicapai dalam pelaksanaan program pembelajaran kecakapan hidup. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan ini adalah faktor penghambat dan faktor pendukung. Hasil yang diperoleh pada penelitian pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup melalui PKBM Amaliyah (Binaan SKB Ujung Pandang) Kota Makassar adalah pada perencanan penyelenggara kesulitan melakukan pendataan, tahap evaluasi penyelenggara watga belajar mendapatkan nilai yang naik turun,dan faktor pendukung warga belajar punya keinginan dalam belajar serta ada dukungan dari pihak pemerintah dan toko masyarakat dan faktor penghambat dalam pelaksanaan kecakapan hidup adalah WB mempunyai keterbatasan kempuan dalam belajar serta anggran yang dikucurkan masih sangat kurang sehingga pelaksanaannya tidak maksimal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:37
Last Modified: 22 Mar 2022 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22550

Actions (login required)

View Item View Item