AKHMAD SUYATNO (2022) KEEFEKTIVAN PROSES PEMBELAJARAN KEAKSARAAN DASAR DI KELOMPOK BELAJAR ARABIKA 2 BINAAN SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GOWA DI DESA BILANGRENGI KECAMATAN PARIGI KABUPATEN GOWA.
Text
SAMPUL SKRIPSI BETUL.docx Download (52kB) |
|
Text
BAGIAN AWAL LENGKAP.docx Download (85kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (65kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR PUS TAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampiran.docx Download (3MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (45kB) |
Abstract
AKHMAD SUYATNO .2012. Keefektivan proses pembelajaran keaksaraan dasar di kelompok belajar Arabika 2 Binaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gowa di Desa Bilangrengi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Pembimbing Skripsi oleh Drs. Firdaus Hasan, M.Si dan Dr. H. M. Ali Latief, M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Keefektivan Proses Pembelajaran Keaksaraan Dasar di Kelompok Belajar Arabika 2 Binaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gowa di Desa Bilangrengi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Gambaran Keefektivan Proses Pembelajaran Pendidikan Keaksaraan Dasar di Kelompok Belajar Arabika 2 Binaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gowa di Desa Bilangrengi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Unit analisis adalah penyelenggara terdiri dari satu orang tutor satu orang pengelolah dan 10 orang warga belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian ini terdiri atas 3 tahap yaitu: (1) Tahap perencanaan terdiri dari: a) pendataan terhadap calon warga belajar.; b) identifikasi kebutuhan warga belajar; c) pengelompokan warga belajar. d) menyiapkan bahan pembelajar (2) Tahap pelaksanaan yang terdiri dari: a) menyusun kesepakatan belajar; b) menyusun program pembelajaran dan melaksanakan kegiatan pembelajaran; (3) Tahap evaluasi yang terdiri dari: a) evaluasi awal; b) evaluasi pelaksanaan; c) evaluasi akhir. Seperti halnya kriteria keefektivan yang ditetapkan oleh Nana Sudjana mengenai keefektivan proses pembelajaran, maka sesuai hasil penelitian komponen-komponen keefektivan itu terdapat di kelompok belajar Arabika 2. dan di kelompok belajar Arabika 2 pembelajarannya dilaksana dengan baik oleh tutor, penyelenggara dan warga belajar. Hasil penelitian tersebut menunjukkan keefektivan terhadap proses pembelajaran, dan itu terlihat dari kemampuan warga belajarnya yang meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 02:16 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 02:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22547 |
Actions (login required)
View Item |