ANALISIS PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MURID BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN NON-PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH DASAR INPRES PANGKABINANGA KELURAHAN PANGKABINANGA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

ZAMSANI SYAMSI (2022) ANALISIS PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MURID BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN NON-PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH DASAR INPRES PANGKABINANGA KELURAHAN PANGKABINANGA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SHANI.docx

Download (158kB)
[img] Text
SHANI.docx

Download (158kB)

Abstract

Zamsani Syamsi, 2012. Analisis Perbedaan Prestasi Belajar Murid Yang Berlatar Belakang Pendidikan Anak Usia Dini di Sekolah Dasar Inpres Pangkabinanga, Kelurahan Pangkabinanga, Kecamatan pallangga, Kabupaten gowa. Skripsi ini dibimbing Oleh Drs. M. Ali Latif Amri, M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Kartini Marzuki, M.Si selaku pembimbing II. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah bagaimana perbedaan perstasi belajar murid yang berlatar belakang Pendidikan Anak Usia Dini dan murid yang berlatar belakang Non- Pendidikan Anak Usia Dini Kelas IA Sekolah Dasar Inpres Pangkabinanga Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan prestasi belajar antara murid yang berlatar belakang Pendidikan Anak Usia Dini dengan murid yang berlatar belakang non-Pendidikan Anak Usia Dini di Kelas IA Sekolah Dasar Pangkabinanga Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, teknik dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah perangkat sekolah yang terdiri dari staf dan guru (wali kelas IA). Jenis data yang diperoleh adalah kuantitatif yang terdiri dari absensi dan nilai rapor. Pengolahan data yang dilakukan yaitu pertama, mengelompokkan dua latar belakang pendidikan murid yaitu murid yang berlatar belakang pendidikan Anak Usia Dini dan murid yang berlatar belakang Non- Pendidikan Anak Usia Dini. Kedua, menghitung nilai rata-rata dari kedua kelompok latar belakang pendidikan murid untuk tiap mata pelajaran. Ketiga, menghitung nilai rata-rata keseluruhan mata pelajaran dari kedua kelompok latar belakang pendidikan murid. Keempat, membandingkan nilai rata-rata dari kedua latar belakang belakang pendidikan murid dan mengambil kesimpulan. Dari data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara murid yang berlatar belakang Pendidikan Anak Usia Dini dengan murid yang berlatar belakang non- Pendidikan Anak Usia Dini di Kelas IA Sekolah Dasar Inpres Pangkabinanga. Dengan kata lain, prestasi belajar murid yang berlatar belakang Pendidikan Anak Usia Dini lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar murid yang berlatar belakang Non-Pendidikan Anak Usia Dini Di Kelas IA Sekolah Dasar Pangkabinanga, Kelurahan Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Mar 2022 01:55
Last Modified: 22 Mar 2022 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22545

Actions (login required)

View Item View Item