A. ASMAULIYANI JAFAR (2022) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA PAUD “CERIA” JALAN ADYAKSA NO. 2 KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR.
Text
Sampul.docx Download (40kB) |
|
Text
Halaman Sampul DKK.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (16kB) |
|
Text
Dapus & Lampiran.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (14kB) |
Abstract
A. Asmauliyani Jafar, 2012. Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD “CERIA” Jalan Adyaksa No. 2 Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Syamsul Bachri Gaffar, M.Si., dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD “CERIA” Jalan Adyaksa No. 2 Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Masalah yang diajukan adalah Bagaimana Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD “CERIA” Jalan Adyaksa No. 2 Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD “CERIA” Jalan Adyaksa No. 2 Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 model pembelajaran yang biasa diterapkan di PAUD “CERIA” diantaranya : 1). model pembelajaran kelompok, 2). model pembelajaran berdasarkan sudut-sudut kegiatan, 3). Model pembelajaran area, dan 4). Model pembelajaran berdasarkan sentra dan lingkaran. Model-model pembelajaran tersebut pada umumnya menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang sama dalam sehari, yaitu: kegiatan awal/pendahuluan, kegiatan inti, istirahat/makan, kegiatan akhir atau penutup. Dari ke empat model pembelajaran yang sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di PAUD “CERIA”, adalah model pembelajaran berdasarkan sentra dan lingkaran. Dengan model pembelajaran sentra dan lingkaran, Guru mampu merangsang seluruh aspek kecerdasan anak melalui bermaian yang terarah. Setting pembelajarannya pun mampu merangsang anak untuk saling aktif, kreatif, dan terus berfikir dengan menggali pengalaman sendiri. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pada model pembelajaran yang sedang diterapkan pada PAUD “CERIA” adalah model pembelajaran sentra dan lingkaran. Dengan model pembelajaran sentra dan lingkaran mampu mengembangkan seluruh potensi dasar anak dalam berbagai aspek perkembangan secara seimbang serta dapat mengasaha kemampuan kognitif dan motorik halus anak usia dini pada PAUD “CERIA”.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 01:42 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 01:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22543 |
Actions (login required)
View Item |