PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA POP UP BOOK PADA MURID LOW VISION DI SLB NEGERI I BIMA

KHAIRUNNISA ASIAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA POP UP BOOK PADA MURID LOW VISION DI SLB NEGERI I BIMA.

[img] Text
khairunnisa asiah 1645042001.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL KHAIRUNNISA ASIAH 1645042001.pdf

Download (463kB)

Abstract

KHAIRUNNISA ASIAH, 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui media Pop Up Book pada Murid Low vision di SLB Negeri I Bima. Skripsi dibimbing oleh Dra.Tatiana Meidina, M. Si. dan Dr.Bastiana, M. Si Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca permulaan Murid low vision pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri I Bima. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media Pop up book pada Murid Low vision di SLB Negeri I Bima?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan membaca permulaan bagi murid Low vision sebelum diberi intervensi (Baseline 1/ A1), 2) kemampuan membaca permulaan bagi murid Low vision saat diberi intervensi melalui Pop up Book (Intervensi/ B), 3) kemampuan membaca permulaan bagi Low vision setelah diberi intervensi melalui Pop Book (Baseline 2/ A2), 4) kemampuan membaca permulaan bagi murid Low vision berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi (baseline 1/ A1), saat diberi intervensi (B), dan setelah diberi intervensi (baseline 2/A2). Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan. Subjek penelitian ini adalah satu orang Murid Low vision yang berinisial MF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini : 1) kemampuan membaca permulaan murid Low vision sebelum diberi intervensi (baseline 1 / A1) sangat kurang, 2) kemampuan membaca permulaan Low vision saat diberi intervensi melalui Pop Up Book (intervensi/ B) kemampuan membaca menjadi baik sekali diterapkan Pop Up Book, 3) kemampuan membaca permulaan murid Low vision setelah diberi intervensi melalui Pop Book (baseline 2 / A2) kemampuan membaca permulaan meningkat ke kategori baik sekali, 4) Perbandingan kemampuan membaca permulaan subjek (MF) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan kondisi baseline 1 (A1) ke kondisi intervensi (B) mendatar ke menaik, dan kondisi intervensi (B) ke kondisi baseline 2 (A2) menaik ke menurun, serta nilai yang diperoleh lebih menaik dibandingkan sebelum diberikan intervensi (baseline 1 / A1). Kata kunci : Pop UP Book, Kemampuan Membaca Permulaan, Low Vision.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Mar 2022 05:25
Last Modified: 21 Mar 2022 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22529

Actions (login required)

View Item View Item