KEMAMPUAN PRA MENULIS MELALUI LATIHAN KOLASE PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS II DI SLB NEGERI 2 JENEPONTO

SERLIYANTI (2022) KEMAMPUAN PRA MENULIS MELALUI LATIHAN KOLASE PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS II DI SLB NEGERI 2 JENEPONTO.

[img] Text
SKRIPSI SERLIYANTI (1745042026)fix-dikonversi (1)-dikonversi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
JURNAL SERLIYANTI-dikonversi.pdf

Download (457kB)

Abstract

SERLIYANTI 2021 Kemampuan Pra Menulis Melalui Latihan Kolase Pada Murid Cerebral Palsy Kelas II Di SLB Negeri 2 Jeneponto. Skripsi. Dibimbing Oleh Drs. Andi Budiman, M. Kes Dan Dra. Tatiama Meidina, M. Si. Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berdasar pada rendahnya Kemampuan pra menulis pada murid cerebral palsy kelas II di SLB Negeri 2 Jeneponto Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan pra menulis melalui Latihan kolase murid cerebral palsy kelas II di SLB Negeri 2 Jeneponto?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan pra menulis pada anak cerebral palsy sebelum diberikan perlakuan dengan latihan kolase (A1). 2) Kemampuan pra menulis pada anak cerebral palsy diberikannya perlakuan dengan menggunakan Latihan kolase (B). 3) Kemampuan pra menulis pada anak cerebral palsy setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Latihan kolase (A2). 4) Perbandingan kemampuan pra menulis pada anak cerebral palsy sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan Latihan kolase (A1)., diberikannya perlakuan dengan menggunakan Latihan kolase (B), Dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Latihan kolase (A2). Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid Cerebral palsy kelas II berinisial SHL. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research/SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu kemampuan Pra menulis melalui Latihan kolase 1) pada kondisi baseline 1 (A1) tidak mampu 2) pada kondisi intervensi (B) mengalami peningkatan 3) pada kondisi baseline 2 (A2) mengalami peningkatan 4) analisis antar kondisi tidak terjadi data tumpang tindih, menunjukkan perubahan peningkatan yang signifikan dari kategori sangat rendah meningkat menjadi kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa implementasi Latihan kolase memberi pengaruh positif terhadap Kemampuan Pra Menulis pada Murid Cerebral Palsy kelas II di SLB Negeri 2 Jeneponto

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Mar 2022 05:18
Last Modified: 21 Mar 2022 05:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22528

Actions (login required)

View Item View Item