PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BRAILLE MELALUI MEDIA PAPAN BRAILLE PADA SISWA TUNANETRA KELAS III DI SLB A YAPTI MAKASSAR

SARTINA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BRAILLE MELALUI MEDIA PAPAN BRAILLE PADA SISWA TUNANETRA KELAS III DI SLB A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
02Skripsi Sartina (1745041009).pdf

Download (3MB)
[img] Text
04116-LOA SARTINA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
03PJE 2021 (SARTINA).pdf

Download (438kB)

Abstract

SARTINA, 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Braille Melalui Media Papan Braille Pada Siswa Tunanetra Kelas III Di SLB A YAPTI Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si dan Dr. Purwaka Hadi, M.Si Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan menulis braille pada siswa tunanetra melalui media papan braille pada siswa tunanetra kelas III di SLB A YAPTI Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kemampuan menulis braille pada siswa sebelum penggunaan media papan braille?, 2) Bagaimanakah kemampuan menulis braille siswa setelah penggunaan media papan braille?, 3) Apakah ada peningkatan kemampuan menulis braille melalui penggunaan media papan braille pada siswa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis braille melalui penggunaan media papan braille. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas III di SLB A YAPTI Makassar yang berjumlah 1 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis braille pada siswa tunanetra kelas III di SLB A YAPTI Makassar setelah penggunaan media papan braille. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yakni 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis braille pada siswa sebelum penggunaan media papan braille berada dalam kategori sangat kurang (30). Sedangkan kemampuan menulis braille pada siswa setelah penggunaan media papan braille berada dalam kategori baik sekali (80). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Kemampuan menulis braille siswa sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan media papan braille berada dalam kategori Sangat Kurang. (2) Kemampuan menulis braille siswa tunanetra setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media papan braille berada dalam kategori Baik Sekali. (3) Terdapat peningkatan kemampuan menulis braille melalui penggunaan media papan braille. Kata kunci: kemampuan menulis braille, siswa tunanetra, media papan braille.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Mar 2022 05:09
Last Modified: 21 Mar 2022 05:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22526

Actions (login required)

View Item View Item