DEWIYANA ANDRIANA SIAMA (2022) PENERAPAN MEDIA WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID CEREBRAL PALSY.
Text
01SKRIPSI DEWIYANA 1745041017 fixx 1.pdf Download (15MB) |
|
Text
02PJE DEWIYANA ANDRIANA SIAMA-dikonversi.pdf Download (457kB) |
Abstract
DEWIAYANA ANDRIANA SIAMA 2021 Penerapan Media Word Square Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Murid Cerebral Palsy. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si,dan Dra, Dwiyatmi sulasminah, M.Pd. Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Word Square Pada Murid Cerebral Palsy Kelas VIII Di SLB Negeri 1 Takalar yang masih kurang mampu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Word Square pada murid Cerebral Palsy Kelas VIII Di SLB Negeri 1 Takalar berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Word Square pada murid Cerebral Palsy Kelas VIII Di SLB Negeri 1 Takalar berdasarkan hasil analisis antar kondisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hasil belajar IPA pada murid Cerebral Palsy sebelum diberi intervensi (A1), 2) hasil belajar IPA pada murid Cerebral Palsy saat diberi intervensi (B), 3) hasil belajar IPA pada murid Cerebral Palsy setelah diberi intervensi (A2), 4) perbandingan hasil belajar IPA pada murid Cerebral Palsy pada fase sebelum diberi intervensi (A1), ke fase saat diberi intervensi (B) dan fase setelah diberi intervensi (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid Cerebral Palsy kelas VIII Di SLB Negeri 1 Takalar berinisial FR. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research/SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar IPA 1) pada kondisi baseline 1 (A1) masih rendah 2) pada kondisi intervensi (B) mengalami peningkatan 3) pada kondisi baseline 2 (A2) mengalami peningkatan 4) analisis antar kondisi tidak terjadi data tumpang tindih, menunjukkan perubahan peningkatan yang signifikan dari kategori kurang mampu meningkat menjadi kategori sangat mampu. Secara Empiris Penelitian ini menemukan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA Pada Murid Cerebral Palsy Kelas VIII Di SLB Negeri 1 Takalar. Kata kunci: Media Word Square, Hasil Belajar IPA, Cerebral Palsy
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 05:05 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 05:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22525 |
Actions (login required)
View Item |