PENINGKATAN KEMANDIRIAN MENGGUNAKAN TONGKAT PANJANG DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MURID TUNANETRA

ISMAIL BAKRI (2022) PENINGKATAN KEMANDIRIAN MENGGUNAKAN TONGKAT PANJANG DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MURID TUNANETRA.

[img] Text
Ismail Bakri_1745041013_SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PJE 2021 (ISMAIL BAKRI).pdf

Download (442kB)

Abstract

ISMAIL BAKRI. 2021. Peningkatan Kemandirian Menggunakan Tongkat Panjang di Lingkungan Sekolah pada Murid Tunanetra. Skripsi dibimbing oleh Dr. Usman M.Si dan Dr. Purwaka Hadi, M.Si. Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan kemandirian orientasi dan mobilitas di lingkungan sekolah bagi murid tunanetra blind melalui penggunaan tongkat panjang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: Kemandirian orientasi dan mobilitas di lingkungan sekolah bagi murid tunanetra blind di SLB-A YAPTI Makassar sebelum, saat dan sesudah dan peningkatan kemandirian melalui penggunaan tongkat panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid tunanetra blind kelas III di SLB-A YAPTI Makassar yang berinisial L. Kesimpulan penelitian ini: Kemandirian orientasi dan mobilitas di lingkungan sekolah bagi murid tunanetra blind di SLB-A YAPTI Makassar sebelum pemberian intervensi tidak mengalami peningkatan. Kemandirian orientasi dan mobilitas di lingkungan sekolah bagi murid tunanetra blind saat pemberian intervensi melalui penggunaan tongkat panjang mengalami peningkatan. Kemandirian orientasi dan mobilitas di lingkungan sekolah bagi murid tunanetra blind setelah pemberian intervensi mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan kemandirian orientasi dan mobilitas di lingkungan sekolah bagi murid tunanetra blind berdasarkan hasil perbandingan antar tiap kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan mengalami peningkatan ke kondisi saat diberikan perlakuan dan pada kondisi saat diberikan perlakuan ke setelah diberikan perlakuan menunjukkan peningkatan dibandingkan sebelum diberikan perlakuan meskipun menunjukkan nilai perolehan subjek lebih rendah pada saat pemberian perlakuan Kata kunci: Kemandirian Orientasi dan Mobilitas di Lingkungan Sekolah, Tongkat Panjang, Tunanetra Blind

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Mar 2022 04:59
Last Modified: 21 Mar 2022 04:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22524

Actions (login required)

View Item View Item