PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN MOVABLE ALFABETH PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS III DI SLB NEGERI 1 GOWA

MUH. ADIPATI JUANDA. D (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN MOVABLE ALFABETH PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS III DI SLB NEGERI 1 GOWA.

[img] Text
1. Seminar tutup.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PJE 2021 (juanda).pdf

Download (929kB)

Abstract

MUH. ADIPATI JUANDA.D, 2021.Penggunaan Media MOVABLE ALFABETH Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Murid Cerebral Palsy Kelas III di SLB Negeri 1 GOWA. Skripsi. Dibimbing Dra. Tatiana Meidina, M.Si, dan Prof. Dr. Abdul Hadis, M.Pd. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca murid cerebral palsy pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca permulaan di SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid cerebral palsy kelas III di SLB Negeri 1 Gowa sebelum penggunaan media MOVABLE ALFABETH? (2) Bagaimanakah penggunaan media MOVABLE ALFABETH untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid cerebral palsy kelas III di SLB Negeri 1 Gowa? (3) Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid cerebral palsy kelas III di SLB Negeri 1 Gowa sesudah penggunaan media MOVABLE ALFABETH (4) Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan murid cerebral palsy kelas III di SLB Negeri 1 Gowa melalui penggunaan media MOVABLE ALFABETH?. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian satu orang murid cerebral palsy kelas III. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pemberian tes. Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, mendeskripsikan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy sangat kurang, (2) kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy meningkat sesudah penggunaan media MOVABLE ALFABETH (3) penggunaan media MOVABLE ALABETH dapat membantu murid cerebral palsy dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan baik sekali. Kata kunci : Kemampuan membaca permulaan, media MOVABLE ALFABETH

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:09
Last Modified: 21 Mar 2022 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22523

Actions (login required)

View Item View Item