PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA MURID TUNANETRA KELAS IV DI UPT. SLB NEGERI 1 BONE

MUH. RIJAL (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA MURID TUNANETRA KELAS IV DI UPT. SLB NEGERI 1 BONE.

[img] Text
SKRIPSI_MUH. RIJAL_1745042003.pdf

Download (6MB)
[img] Text
PJE 2021 MUH. RIJAL_1745042003.pdf

Download (510kB)

Abstract

MUH. RIJAL, 2021. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Problem Solving Pada Murid Tunanetra Kelas IV di UPT. SLB Negeri 1 Bone . Dibimbing oleh Drs. Agus Marsidi, M. Si dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan hasil belajar tunanetra pada mata pelajaran IPA materi perubahn wujud benda di UPT. SLB Negeri 1 Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimanakah peningkatan kemampuan hasil belajar IPA melalui penerapan metode problem solving pada Murid kelas IV di UPT. SLB Negeri 1 Bone. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Hasil belajar IPA Murid Tunanetra kelas dasar IV di UPT. SLB Negeri 1 Bone sebelum penerapan metode problem solving. (2) Hasil belajat IPA Murid Tunanetra Kelas dasar IV di UPT. SLB Negeri 1 Bone pada saat penerapan metode problem solving. (3) Hasil belajar IPA Murid Tunanetra Kelas dasar IV di UPT. SLB Negeri 1 bone setelah penerapan metodep problem solving. (3) Perbandingan hasil belajar IPA Murid Tunanetra kelas dasar IV di UPT. SLB Negeri 1 Bone pada fase sebelum penerapan metode problem solving, pada saat penerapan metode problem solving dan saat setelah penerapan metode problem solving. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen single subject research (SSR) yaitu memfokuskan pada data individu sebagai sampel penelitian dengan desain A – B – A. . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda. Subjek dalam penelitian adalah seorang Murid tunanetra low vision kelas IV di UPT. SLB Negeri 1 Bone yang bernama MA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode problem solving berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPA subjek. Hal tersebut dibuktikan dari fase baseline-1 data diperoleh stabil dengan rentang 30 – 30, mean level 30. Fase intervensi menunjukkan data yang tidak stabil dengan rentang 70 – 90 dan mean level 78,75. Fase baseline-2 diperoleh data yang stabil dengan rentang 70 – 80 dan mean level 76,7. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar IPA subjek sebelum pemberian intervensi melalui metode problem solving berada pada kategori rendah. (2) Hasil belajar IPA subjek pada fase pemebrian intervensi melalui metode problem solving berada pada kategori sangat tinggi. (3) Hasil belajar IPA subjek setelah pemberian intervensi melalui metode problem solving berada kategori sangat tinggi. (4) Peningkatan Hasil belajar IPA pada Murid tunanetra Kelas IV di UPT. SLB Negeri 1 Bone berdasarkan hasil antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan (baseline-1) hasil belajar IPA subjek rendah menjadi meningkat ke kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan intervensi dan pada kondisi selama diberikan intervensi hasil belajar IPA setelah diberikan perlakuan (baseline-2) murid menurun ke kategori tinggi, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek MA lebih baik dibandingkan sebelum diberikan intervensi. Kata kunci: Metode Problem Solving, Hasil Belajar IPA, Tunanetra Lowvision

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:05
Last Modified: 21 Mar 2022 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22522

Actions (login required)

View Item View Item