KIKI RISKY NANDA (2022) PENGGUNAAN DRESSING FRAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MURID AUTIS KELAS II DI SLB NEGERI MAPILLI KAB.POLEWALI MANDAR.
Text
PERBAIKAN SKRIPSI KIKI RISKY NANDA-PALING TERAKHIR.pdf Download (3MB) |
|
Text
JURNAL KIKI RISKY NANDA.pdf Download (179kB) |
Abstract
Kiki Risky Nanda, 2020. Penggunaan Dressing Frame Untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Pada Murid Autis Kelas II di SLB Negeri Mapilli Kab. Polewali Mandar. Skripsi Dibimbing oleh Dr.Mustafa, M.Si dan Dr.Usman, M.Si program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan bina diri mengancing baju murid autis pada mata pelajaran Bina diri diSLBN Mapilli Polman Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah peningkatan kemampuan mengancing baju melalui penggunaan Dressing Frame pada murid autis kelas II di SLBN Mapilli Polman".Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui1) kemampuan bina diri murid autis kelas II diSLBN Mapilli Polman Sebelum diberikan perlakuan (baseline1/(A1).2)Penggunaan dressing frame untuk meningkatkan kemampuan bina diri murid autis kelas II di SLBN Mapilli Polman pada fase (intervensi/(B),3) peningkatan kemampuan bina diri murid autis kelas II di SLBN Mapilli Polman setelah pemberian perlakuan(baseline2/(A2)),4) perbandingan kemampuan bina diri murid autis kelas II di SLBN Mapilli Polman sebelum dan setelah diberikan perlakuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid autis kelas II SLBN Mapilli Polman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini:1)kemampuan mengancing baju sebelum diberikan perlakuan masih sangat rendah,2)kemampuan mengancing baju pada subjek pada saat diberikan perlakuan mengalami peningkatan.3)kemampuan mengancing baju murid menunjukkan peningkatan setelah diberikan perlakuan.4)Perbandingan kemampuan bina diri mengancing baju sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan peningkatan yang signifikan dari kategori sangat rendah meningkat menjadi kategori sangat tinggi dan dari kategori sangat tinggi menurun menjadi kategori tinggi. Dengan demikian kemampuan setelah diberikan perlakuan murid menurun, akan tetapi nilai yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Katakunci: Kemampuan Bina Diri, Dressing Frame, Autis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 02:18 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 02:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22516 |
Actions (login required)
View Item |