PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI KANTONG BILANGAN PADA MURID AUTIS KELAS IX DI SLB YPAC MAKASSAR

NASHATUN JUNIARTI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI KANTONG BILANGAN PADA MURID AUTIS KELAS IX DI SLB YPAC MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI (Nashatun Juniarti).pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL (Nashatun Juniarti).pdf

Download (676kB)

Abstract

NASHATUN JUNIARTI, 2021. Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Kantong Bilangan Pada Murid Autis Kelas IX Di SLB YPAC Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sitti Kasmawati, M. Si dan Dr. Bastiana, M.Si Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan berhitung penjumlahan murid Autis pada mata pelajaran Matematika di SLB YPAC Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah Gambaran peningkatan kemampuan operasi berhitung penjumlahan melalui kantong bilangan pada murid autis kelas IX di SLB YPAC Makassar ” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Peningkatan kemampuan operasi berhitung penjumlahan melalui kantong bilangan pada murid autis kelas IX di SLB YPAC Makassar sebelum diberikan perlakuan (Baseline 1/ (A1)). 2) Peningkatan kemampuan operasi berhitung penjumlahan melalui kantong bilangan pada murid autis kelas IX di SLB YPAC Makassar pada fase (Intervensi (B)). 3) Peningkatan kemampuan operasi berhitung penjumlahan melalui kantong bilangan pada murid autis kelas IX di SLB YPAC Makassar Setelah diberikan perlakuan (Baseline 2/ (A2)). 4) Perbandingan kemampuan berhitung penjumlahan murid autis kelas IX di SLB YPAC Makassar sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek penelitian ini adalah satu orang murid Autis kelas IX di SLB YPAC Makassar yang berinisial MF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini : 1) Kemampuan berhitung penjumlahan pada subjek penelitian (MF) sebelum diberikan perlakuan (Baseline 1 (A1)) nilainya dalam kategori masih sangat rendah. 2) Penggunaan Kantong Bilangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan subjek penelitian (MF) selama diberikan perlakuan (Intervensi (B)) nilainya dalam kategori sangat tinggi. 3) Kemampuan berhitung penjumlahan subjek penelitian (MF) setelah diberikan perlakuan (Baseline 2 (A2)) nilainya dalam kategori tinggi. 4) Perbandingan kemampuan berhitung penjumlahan subjek penelitian (MF) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan peningkatan dari kategori sangat rendah, meningkat menjadi kategori sangat tinggi dan dari kategori sangat tinggi, menurun menjadi kategori tinggi. Dengan demikian kemampuan setelah diberikan perlakuan murid menurun, Akan tetapi nilai yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata kunci: Kantong Bilangan, Kemampuan Berhitung Penjumlahan, Autis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:51
Last Modified: 18 Mar 2022 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22506

Actions (login required)

View Item View Item