PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BATANG PERKALIAN PADA MURID TUNANETRA KELAS V DI SLB-A YAPTI MAKASSAR

DAYANTI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BATANG PERKALIAN PADA MURID TUNANETRA KELAS V DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI DAYANTI (1645041007).pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL DAYANTI (1645041007).pdf

Download (410kB)

Abstract

DAYANTI, 2021. Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Melalui Penggunaan Media Batang Perkalian Pada Murid Tunanetra Kelas V di SLB-A YAPTI Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Usman, M,Si. dan Dr. Purwaka Hadi, M.Si. Program studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berangkat dari masalah rendahnya kemampuan operasi hitung perkalian murid tunanetra kelas V di SLB-A YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan operasi hitung perkalian murid tunanetra kelas V di SLB-A YAPTI Makassar sebelum penggunaan media batang perkalian, (2) bagaimanakah kemampuan operasi hitung perkalian murid tunanetra kelas V di SLB-A YAPTI Makassar setelah penggunaan media batang perkalian, (3) apakah ada peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian melalui penggunaan media batang perkalian pada murid tunanetra kelas V di SLB-A Yapti Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian melalui penggunaan media batang perkalian pada murid tunanetra kelas V di SLB-A YAPTI Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang disajikan dalam bentuk diagram batang. Adapun subjek penelitian ini adalah murid tunanetra kelas V di SLB-A YAPTI Makassar yang berjumlah 1 orang murid. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian pada murid tunanetra kelas V di SLB-A YAPTI Makassar setelah penggunaan media batang perkalian. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh murid telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yakni 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan operasi hitung perkalian pada murid tunanetra kelas V di SLB-A YAPTI Makassar sebelum penggunaan media batang perkalian berada dalam kategori sangat kurang (30). Sedangkan kemampuan operasi hitung perkalian pada murid tunanetra kelas V di SLB-A YAPTI Makassar setelah penggunaan media batang perkalian berada dalam kategori baik sekali (90). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Kemampuan operasi hitung perkalian murid tunanetra kelas V di SLB-A YAPTI Makassar sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan media batang perkalian berada dalam kategori Sangat Kurang. (2) Kemampuan operasi hitung perkalian murid tunanetra kelas V di SLB-A YAPTI Makassar setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media batang perkalian berada dalam kategori Baik Sekali. (3) Terdapat peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian melalui penggunaan media batang perkalian pada murid tunanetra kelas V di SLB-A YAPTI Makassar. Kata kunci: Operasi Hitung Perkalian, Media Batang Perkalian, Tunanetra

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:46
Last Modified: 18 Mar 2022 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22505

Actions (login required)

View Item View Item