MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLBN 1 GOWA

LEHAROI PADAKARI (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLBN 1 GOWA.

[img] Text
SKRIPSI LEHAROI PADAKARI (1645042021).pdf

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI LEHAROI PADAKARI.pdf

Download (725kB)

Abstract

Leharoi Padakari, 2021. Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian Dengan Menggunakan Media Sempoa Pada Siswa Tunarungu Kelas IV Di SLBN 1 Gowa. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Drs. H. Agus Marsidi, M.Si program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya Kemampuan Operasi Perkalian pada siswa tunarungu kelas IV di SLBN 1 Gowa pada mata pelajaran Matematika di SLBN 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah kemampuan operasi perkalian pada siswa tunarungu kelas IV Di SLB Negeri 1 Gowa dapat meningkat sebelum digunakan media sempoa dalam pengajaran matematika”? 2) Apakah kemampuan operasi perkalian pada siswa tunarungu kelas IV Di SLB Negeri 1 Gowa dapat meningkat selama digunakan media sempoa dalam pengejaran matematika”? 3) Apakah kemampuan operasi perkalian pada siswa tunarungu kelas IV Di SLB Negeri 1 Gowa dapat meningkat setelah digunakan media sempoa dalam pengajaran matematika”? 4) Apakah ada gambaran peningkatan kemampuan operasi perkalian menggunakan media sempoa berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari sebelum, pada saat dan setelah di berikan perlakuan pada siswa Tunarungu kelas IV Di SLB Negeri 1 Gowa”?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah kemampuan operasi perkalian dua bilangan satu angka pada siswa tunarungu kelas IV di SLBN 1 Gowa sebelum digunakan media sempoa. 2) Bagaimanakah penggunaan media sempoa pada siswa tunarungu kelas IV di SLBN 1 Gowa pada pengajaran matematika materi perkalian dua bilangan satu angka. 3) Apakah ada peningkatan kemampuan operasi perkalian dua bilangan satu angka pada siswa tunarungu kelas IV di SLBN 1 Gowa menggunakan media sempoa. 4) Bagaimanakah gambaran peningkatan kemampuan operasi perkalian dua bilangan satu angka menggunakan media sempoa berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari sebelum, pada saat dan setelah di berikan perlakuan, pada siswa Tunarungu Kelas IV di SLBN 1 Gowa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (single subject research) dengan desain penelitian A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa tunarungu kelas IV di SLBN 1 Gowa yang berinisial R. Hasil penelitian ini: 1) kemampuan operasi perkalian pada siswa tunarungu kelas IV di SLBN 1 Gowa pada kondisi baseline 1 (A1) masuk dalam kategori sangat rendah. 2) Kemampuan operasi perkalian pada siswa tunarungu kelas IV di SLBN 1 Gowa saat dilakukan intervensi (B) masuk dalam kategori cukup. 3) Kemampuan operasi perkalian pada siswa tunarungu kelas IV di SLBN 1 Gowa berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 2 (A2) masuk dalam kategori tinggi. 4) kemampuan operasi perkalian pada siswa tunarungu kelas IV di SLBN 1 Gowa berdasarkan hasil analisis antar kondisi yakni pada sebelum diberi intervensi (Baseline 1(A1) kemampuan operasi perkalian pada siswa tunarungu sangat rendah menjadi meningkat ke kategori cukup pada kondisi saat diberi intervensi (B), dan dari kondisi saat diberi Intervensi Baseline 2 (A2) ke kategori Tinggi. Kata Kunci: Kemampuan operasi perkalian, media sempoa, Tunarungu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:43
Last Modified: 18 Mar 2022 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22504

Actions (login required)

View Item View Item