ROSMANIAR (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN FLIP CHART PADA MURID AUTIS KELAS III DI SLB NEGERI 2 JENEPONTO.
Text
( SKRIPSI ) ROSMANIAR (1645041019) 2021.pdf Download (4MB) |
|
Text
JURNAL SKRIPSI ROSMANIAR.pdf Download (262kB) |
Abstract
ROSMANIAR, 2021 Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Flip Chart Pada Murid Autis Kelas III Di SLB Negeri 2 Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Purwaka Hadi, M. Si. dan Dr. H. Syamsuddin, M. Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan berhitung murid autis pada mata pelajaran Matematika, khususnya operasi hitung penjumlahan di SLB Negeri 2 Jeneponto. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan melalui penerapan media Flip chart pada murid autis kelas III di SLB Negeri 2 Jeneponto berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan Bagaimanakah peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan melalui penerapan media Flip chart pada murid autis kelas III di SLB Negeri 2 Jeneponto berdasarkan hasil analisis antar kondisi”. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan operasi hitung penjumlahan murid autis kelas III di SLB Negeri 2 Jeneponto pada kondisi besline 1 (A1), 2) untuk mengetahui penerapan Flip Chart pada murid autis kelas dasar III di SLB Negeri 2 Jeneponto pada kondisi intervensi (B), 3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan melalui penerapan teknik Flip Chart pada murid autis kelas III di SLB Negeri 2 Jeneponto pada fase baseline 2 (A2), 4) untuk mengetahui peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan melalui penerapan Flip Chart berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2) pada murid autis kelas III di SLB Negeri 2 Jeneponto. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Kesimpulan penelitian ini: 1) kemampuan operasi hitung penjumlahan subjek (TG) sebelum diberikan perlakuan masih rendah, 2) Implementasi pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan subjek penelitian (TG) dapat meningkat, 3) kemampuan operasi hitung penjumlahan subjek (TG) menunjukkan peningkatan setelah diberikan perlakuan. 4) Perbandingan kemampuan operasi operasi hitung penjumlahan subjek (TG) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan peningkatan dari kategori rendah meningkat menjadi kategori tinggi. Dengan demikian kemampuan setelah diberikan perlakuan murid meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan Kata kunci: Flip Chart, kemampuan operasi hitung penjumlahan, Autis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 06:39 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 06:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22503 |
Actions (login required)
View Item |