PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA KELAS III DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR

NUR JUNITA WAHAB (2022) PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA KELAS III DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI NUR JUNITA WAHAB (1645040003).pdf

Download (5MB)
[img] Text
JURNAL NITA WAHAB 2016.pdf

Download (267kB)

Abstract

NUR JUNITA WAHAB,2021.Penggunaan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Membaca Permulaan pada murid Tunagrahita kelas III di SLB Negeri 1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si danDr.Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan hasil belajar murid tunagrahita pada pelajaran Membaca khususnya meningkatkan membaca permulaan di SLB Negeri 1 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah Penggunaan Kartu kata Bergambar Untuk Meningkatkan Membaca Permulaan pada murid tunagrahita kelas III di SLB Negeri 1 Makassar sebelum diberikan perlakuan, (2) bagaimanakah penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan membaca permulaan selama diberikan perlakuan, (3) bagaimanakah penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan membaca permulaan setelah diberikan perlakuan, (4) bagaimanakah peningkatan penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan membaca permulaan berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum ke selama diberikan perlakuan dan dari kondisi selama diberikan perlakuan ke setelah diberikan perlakuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan membaca permulaan pada murid tunagrahita kelas III di SLB Negeri 1 Makassar sebelum diberikan perlakuan, (2) penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan membaca permulaan selama diberikan perlakuan, (3) penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan membaca permulaan setelah diberikan perlakuan, (4) peningkatan penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan membaca permulaan berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum ke selama diberikan perlakuan dan dari kondisi selama diberikan perlakuan ke setelah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid tunagrahita kelas III berinisial SR. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan disain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan membaca permulaan subjek SR sebelum diberikan perlakuan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan subjek SR selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori sangat tinggi dilihat dari analisis dalam kondisi Intervensi (B), (3) penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan membaca permulaan subjek SR setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori tinggi dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) peningkatan penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan membaca permulaan subjek SR berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan murid sangat rendah, meningkat ke kategori sangat tinggi selama diberikan perlakuan, dan dari kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan menurun ke kategori tinggi setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek SR lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Dengan demikianpenggunaan kartu kata bergambar murid setelah diberikan perlakuan tetap dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh daripemberian intervensi. Kata kunci: Kartu Kata Bergambar, Membaca Permulaan, Tunagrahita

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:32
Last Modified: 18 Mar 2022 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22501

Actions (login required)

View Item View Item