PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA STICK ANGKA PADA MURID TUNARUNGU KELAS III DI SLB YPAC MAKASSAR

ANDI SUAENI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA STICK ANGKA PADA MURID TUNARUNGU KELAS III DI SLB YPAC MAKASSAR.

[img] Text
ANDI SUAENI (2).pdf

Download (8MB)
[img] Text
JURNAL Andi Suaeni (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Andi Suaeni, 2021. Peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan melalui media stick angka pada murid tunarungu kelas III di SLB YPAC Makassar. Skirpsi dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M. Si dan Drs.Mufa’adi, M. Si program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. x Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan operasi hitung penjumlahan pada murid tunarungu pada mata pelajaran Matematika di SLB YPAC Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Media Stick Angka pada murid tunarungu kelas III di SLB YPAC Makassar ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Berhitung penjumlahan melalui media Stick Angka pada murid tunarungu kelas III di SLB YPAC Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid tunarungu kelas III di SLB YPAC Makassar yang berinisial AD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Kesimpulan penelitian ini: 1) kemampuan berhitung penjumlahan subjek (AD) sebelum diberikan perlakuan masih rendah, 2) penggunaan media Stick Angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan subjek penelitian (AD) dapat meningkat, 3) kemampuan berhitung penjumlahan subjek (AD) menunjukkan peningkatan setelah diberikan perlakuan. 4) Perbandingan kemampuan berhitung penjumlahan subjek (AD) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan peningkatan dari kategori rendah meningkat menjadi kategori tinggi. Dengan demikian kemampuan setelah diberikan perlakuan murid meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan Kata kunci: Kemampuan Berhitung Penjumlahan, stick Angka, Tunarungu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:29
Last Modified: 18 Mar 2022 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22500

Actions (login required)

View Item View Item