Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Rangka Meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas XI IPS 2 Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Maniangpajo Kabupaten Wajo

Bahri, Sriwahyuni (2016) Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Rangka Meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas XI IPS 2 Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Maniangpajo Kabupaten Wajo. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL.doc

Download (228kB)

Abstract

Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Rangka Meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas XI IPS 2 Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Maniangpajo Kabupaten Wajo Sriwahyuni Bahri, Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui;1) Pelaksanaan pembelajaran Geografi SMA Negeri 1 Maniangpajo dalam penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar. 2) Hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Maniangpajo dengan menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Pelaksanaan pembelajaran Geografi SMA Negeri 1 Maniangpajo dalam penerapan lingkungan sebagai sumber belajar pembelajaran membutuhkan proses pengadaptasian terlihat pada PBM pada siklus I siswa belum mampu mengikuti intruksi Guru secara maksimal hal ini ditunjukkan dengan (a) waktu yang dibutuhkan untuk mengatur kelompok dan tugas siswa melebihi waktu yang ditentukan (b) banyaknya siswa yang masih selalu bertanya mengenai tugas kelompoknya padahal sudah dijelaskan lebih awal, meskipun antusias siswa dalam PBM sangat tinggi karena siswa terlibat langsung dengan lingkungan dan menggunakan daya motorik siswa itu sendiri. Pada siklus II mengalami peningkatan. Guru hanya memberikan intruksi ringkas dan siswa sudah mampu mengaplikasikan, lebih komunikatif dalam menyampaikan hasil diskusinya baik dalam presentasi maupun tes tertulis. Siswa juga menyampaikan kesan pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sangat positif. Hal ini dikarenakan siswa mendapatkan pengalaman langsung dan lebih aplikatif (menerapkan langsung konsep pembelajaran pada lingkungan) hal ini merupakan kontekstual learning. 2) Penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I dari 21 siswa yang mengikuti tes, terdapat 13 siswa yang mencapai ketuntasan belajar (61,90 persen), dan hasil tes siklus II dari 21 siswa yang mengikuti tes terdapat 17 siswa telah mencapai ketuntasan yaitu (80,96 persen). Dari hasil tes akhir siklus I dan siklus II terdapat peningkatan 19,06 persen. Kata kunci : Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Kependudukan dan Lingk. Hidup (s2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:12
Last Modified: 29 Jan 2018 08:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item